Wagub Harap RSUD Dok II Segera Fungsikan UGD

Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal saat memberikan keterangan usai rapat evaluasi penanganan Covid-19 di Hotel Swisbel, Senin (29/6/2020)./ Foto-redaksi
banner 120x600
banner 468x60

JAYAPURA IP,- Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal  menegaskan kepada pihak RSUD  Dok II , untuk segera mengoperasionalkan bangunan 4 lantai untuk Unit Gawat Darurat, sehingga bisa menangangi pasien yang lainnya dan tidak hanya terfokus untuk Covid-19.

banner 325x300

“RS Dok II dalam dua minggu ini harus segera buka UGD yang baru, itu bangunan 4 lantai harus segera di fungsikan agar bisa melakukan pelayanan kepada masyarakat,” kata Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal, usai rapat evaluasi penanganan Covid-19 di Hotel Swisbel, Senin (29/6/2020).

Dikatakan, penanganan pasien Covid-19 di RSUD Dok II, diharapkan tidak mengganggu pelayanan untuk pasien umum. Artinya, bagi pasien Covid-19 yang hanya berstatus OTG atau yang tidak bersifat sakit darurat, jangan lagi di rawat di RS.

“Pasien ini kalau bisa isolasi mandiri, atau rawat di tempat isolasi yang telah disediakan oleh pemerintah,” kata Klemen.

Sementara terkait pelayanan Covid-19, kata Klemen Tinal, seluruh rumah sakit di Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura semuanya melayani pasien Covid-19, dengan persentase kecil, dibanding pasien umum.

“ Tapi meski melayani Pasien Covid-19, RS ini juga wajib melayani pasien umum, sebab RS rujukan di Jayapura untuk Covid-19 hanya RSUD Abepura,” jelas Klemen.

Namun demikian, kata Klemen, setiap RS memiliki prosedurnya masing-masing. Ia mencontohkan RS di wilayah Jayapura ada beberapa RS milik Swasta, sehingga ada opersional serta managementnya sendiri-sendiri.

“Jadi pemerintah juga berharap, agar komunikasi dan bekerjasama terus ditingkatkan, agar pelayanan kemanusiaan juga berjalan baik,” jelas Klemen.  (redaksi)

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *