6 Pernyataan Sikap Pdt.Tilas Mom Usai Dilantik Sebagai Ketua Sinode KINGMI

Sinode KINGMI periode 2021-2026 Pdt.Tilas Mom,S.Th,M.Th,didampingi oleh Pdt.DR.Benny Giay,dan Presiden GIDI Pdt.Dorman wandikbo,saat memberikan pernyataan sikap perdana,di gereja Kingmi Marthen Luther,Timika, Sabtu,6 November.
banner 468x60

Ilaga Infopapua.id , -Setelah resmi dilantik sebagai Ketua Sinode Gereja Kemah Injil (KINGMI) di Tanah Papua,pada konfrensi Sinode Ke-XI di Gereja Kingmi Marthen Luther Km-32,Timika,pada konfremsi sejak 1-6 November,maka Pdt.Tilas Mom,S.Th,M.Th,mengeluarkan pernyataan sikap perdananya sejak dilantik,menggantikan Pdt.DR.Benny Giay,berikut pernyataan sikapnya.

“saya tahu sejak hari pertama kegiatan konfrensi sampai dengan hari terakhir,bapak,ibu,peserta konfrensi,banyak yang sudah diskusikan,bicarakan, pasti sudah Lelah, emosi,itu bukan masalah, karena ini tempatnya,semua upaya keringat, Tuhan Yesus memberkati kalian,”ungkapnya.

banner 325x300

Saat membacakan surat pernyataan perdananya sebagai Ketua Sinode,Pdt.Tilas Mom juga memanggil mantan Ketua Sinode Pdt.Benny Giyai dan Presiden GIDI Pdt.Dorman wandikbo,untuk mendampinginya di podium,sebagai lambang bahwa dirinya dalam memimpin sinode KINGMI  lima tahun ke depan,tidak bisa jalan sendiri,butuh dukungan semua pihak.

“Saya akan Membacakan pernyataan sikap pengurus sinode baru,sehingga saya panggil bapak bapak dua ini,kakak saya,bapak saya Benny Giai dan Presiden GIDI,harus ada di belakang saya, karena mau jalan sama-sama,salib ini berat,saya tidak bisa angkat sendiri,harus ada kawan,kita pikul sama-sama,maka bisa lebih ringan, kami akan sama-sama duduk,kami akan sama-sama berdiri,kami akan sama-sama lapar,sama-sama keyang,itu prinsip sinode kingmi baru,”ujarnya.

Berikut Pernyataan sikap Ketua Sinode gereja Kingmi periode 2021-2026,

Setelah mengikuti konfrensi sinode KINGMI di Tanah Papua, mulai 1-6 November 2021,untuk mengaplikasikan Angggaran Dasar dan Anggaran rumah Tangga (AD/ART),peraturan-peraturan gereja,selama kebijakan organisasi ke depan,sebagai gereja yang berfokus mewujudkan Papua damai,sejahtera,dengan meneruskan obor penginjilan dan pendidikan,maka kami menyatakan pokok iman Kristen kami,ditengah-tengah perubahan zaman, yang berdampak pada sentuhan persoalan masyarakat bangsa dan bernegara diatas tanah Papua,yang menjadi tanah konflik,sepanjang sejarah dan pengalaman,bergereja kami,maka kami mengelurkan penyataan sebagai berikut:

1.Kami dalam situsi konflik di Tanah Papua,kami menyelenggarakan Konfrensi Sinode ke-XI dan kami dikunjungi oleh Dirjen Bimas Kristen Kementerian Agama dan Dirjen Otda,Kementerian Dalam negeri,maka kami sampaikan terima kasih karena gereja kemah injil di Tanah Papua,sudah diakui sebagai salah satu sinode di dalam Republik Indonesia, sekaligus Dirjen Bimas Kristen berjanji akan didaftarkan di Kementerian Agama RI di Jakarta,sebagai sebuah sinode dan akan mengeluarkan izin operasional di Provinsi Papua Barat.

2.Kami mendesak segala upaya yang berhubungan dengan keekerasan,pelanggaran ham selama 60 tahun lebih sampai hari ini,belum ada upaya agar mencarikan penyelesaian melalui dialog atau perundingan-perundingan.

3.Kami menolak adanya pemberlakuan Daerah Otonom Baru (DOB) pemekaran Kabupaten dan Provinsi sebab akan menggangu eksistensi orang asli Papua (OAP).

4.Kami mendesak menyelesaikan masalah warga jemaat kami,yang sedang mengungsi akibat adanya kontak senjata antara TNI/Polri Vs TPNPB-OPM,seperti di Kabupaten Nduga,Intan Jaya,Kiwirok,Pegunungan Bintang, dan Puncak dan daerah lainnya di seluruh Tanah Papua.

5.Kami menghargai segala upaya penyelesaian konflik ecara damai antara TNI/Polri dan TPNPB-PN melalui mekanisme dialog atau perundingan yang demokrasi dalam semangat menghargai harkat dan martabat manusia di Tanah Papua.

6.Kami menolak adanya upaya yang dilakukan terhadap segala bentuk ilegal loging,ilega fishing,ilegal mening dan segala bentuk surat izin inventasi,seperti surat izin wabu,Intan Jaya dan surat izin kelapa sawit,karena mengganggu ketentraman warga gereja.(diskominfo Puncak)

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *