Warga gembira, Bupati pantau progres pembangunan Puskemas di Distrik Dervos

Bupati Puncak Willem Wandik,bersama dengan Sekretaris Dinas kesehatan Sugiman,saat memantau Puskemas Dervos,salah satu Distrik dibentaran sungai memberamo,Rabu,1 februari 2023.
banner 468x60

ILAGA iNFOPAPUA.ID, -Wajah gembira dan ceria terpancar dari penduduk Distrik Dervos,Kabupaten Puncak,takalah ketika mereka melihat pesawat grand karavan yang lending di Lapangan terbang Dervos,pasalnya yang datang adalah sosok pemimpin yang mereka nanti-nantikan Bupati Puncak Willem Wandik,SE.M.Si,yang tiba dalam rangka melakukan kunjungan kerja,guna melihat progres pembangunan Puskemas rawat inap di Distrik tersebut,Rabu,1 febrari,kemarin.

banner 325x300

Kedatangan Bupati ke daerah yang terkenal dengan hasil bumi dan sungainya tersebut,benar-benar disambut gembira dengan warga,sampai-sampai mereka arak-arakan dengan mengangkat Bupati sepanjang lapangan terbang Dervos,sehingga Bupati Puncak Willem Wandik pun tak bisa menyembuyikan rasa harunya.

Ya,untuk diketahui,Distrik Dervos, merupakan salah satu Distrik di Kabupaten Puncak, yang daerahnya berada di bentaran sungai memberamo,bersama dengan Distrik Doufo,sehingga untuk ke daerah tersebut,harus menggunakan pesawat berbadan kecil seperti grand caravan (cesna),dari Ilaga,Ibu Kota Kabupaten Puncak,daerah ini juga yang digadang-gadang akan menjadi ibu Kota daerah pemekaran lembah rufaer,yang pernah dibahas di Provinsi Papua pada tahun 2017 lalu.

Bupati Puncak Willem Wandik disela-sela kunjungannya tersebut mengatakan tujuan kedatangannya ke Distrik Dervos,merupakan kunjungan kerja guna melihat sejauh mana progres pembangunan Puskemas rawat inap di Distrik tersebut,sekaligus mendengar saran dan masukan dari warga setempat.

“Setelah saya cek progres pembangunan puskemas dan rumah untuk petugas medis,ternyata sudah selesai,sehingga dalam waktu yang tidak terlalu lama, kami akan resmikan dan segera dioperasikan,karena memang daerah ini sangat membutuhkan pelayanan medis,”ungkap Bupati.

Kata Bupati,selain melihat puskemas,ternyata dalam pertemuan dengan warga dervos,dirinya mendapatkan saran dan masukan terkait dengan kondisi pendidikan,kerena sudah ada bangunan Sekolah dasar,hanya belum ada guru,yang mengajar di daerah tersebut,termasuk juga kepala Distrik,yang jarang di tempat tugas, untuk itu setelah melihat kondisi daerah tersebut,maka dirinya akan segera mengkordinasikan dengan kepala Dinas pendidikan,untuk memempatkan guru di daerah tersebut.

“saya sedih sekali,anak-anak usia sekolah ini,harus diselamatkan,sehingga kami akan segera menempatkan guru di daeah sini,”tuturnya.

Kata Bupati, daerah Dervos merupakan daerah yang sangat kundusif soal keamanan, disamping itu daerah ini memiliki potensi yang cukup menjanjikan ke depan,karena daerahnya datar,memiliki hasil hutan,kebun,pertanian yang cukup besar,dan juga hasil sungai,ikan bahkan potensi untuk tanaman padi juga yang cukup besar,apalagi memiliki potensi batu bara yangg cukup besar.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Kesehatan Sugiman mengatakan pembangunan puskemas rawat inap Dervos dibangun menggunakan sumber dana alokasi khusus (DAK)tahun anggaran 2022,bersama dengan empat puskemas lainnya, yakni gome utara,lambewi,Megeabume,beoga barat,dan semuanya sudah rampung,bersama dengan fasilitas kesehatan,dan juga rumah bagi tenaga medis.

“Semua sudah rampung, tinggal kami menunggu waktu dari bapak Bupati,untuk peresmian,sekaligus dengan operasionalnya,”ungkapnya.

Karena memang pelayanan kesehatan di Distrik Dervos selama ini tidak jalan,warga lebih banyak ke Distrik Doufo, dan itu membutuhkan waktu karena menggunakan perahu melewati sungai mamberamo,sehingga dengan pembangunan puskemas ini,menjadi pergumulan dari warga setempat.(Humas Pemkab Puncak)

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *