RAGAM  

Disbudpar Tolikara Gelar Lomba Seni Budaya Tingkat Pelajar

banner 468x60

Tolikara Infopapua.id,- Guna menjaga, melestarikan dan memperkenalkan nilai-nilai budaya lokal pada generasi penerus, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Tolikara menggelar lomba seni dan budaya tingkat pelajar, yang diikuti oleh 75 orang peserta, berlangsung di Distrik Kuari, Kabupaten Tolikara

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Tolikara saulus narek mengatakan, pelestarian nilai nilai budaya adalah sebuah keharusan, terutama bagi generasi penerus bangsa di Kabupaten Tolikara, hal ini penting dilakukan agar berbagai nilai nilai kebudayaan tersebut bisa terus lestari dimasa yang akan datang.

“Pelestarian nilai-nilai budaya adalah sebuah kewajiban yang harus terus dilaksanakan, untuk itu melalui lomba ini, saya harap generasi muda di Kabupaten Tolikara bisa tetap mengetahui berbagai pengetahuan tentang kesenian, kerajinan dan berbagai teknik menganyam yang menjadi kebudayaan mereka sehari hari,” ungkap Saulus Narek , Senin (08/11/2021).

Ditambahkan, pada pelaksanaan lomba seni dan budaya tingkat pelajar kali ini, para peserta akan mengikuti tiga mata lomba, yaitu lomba membuat Sali, menganyam Noken dan lomba membuat panah dan kapak batu.

“Peserta ada 75 orang, yang dibagi dalam 15 kelompok campuran antara siswa SD dan SMP Negeri Kuari, tiap kelompok ada lima orang yang mempertandingkan tiga mata lomba, untuk kelompok putri adalah lomba membuat sali dan lomba menganyam noken, sementara kelompok putra adalah lomba membuat panah dan kapak batu ungkap Saulus narek ‘

Adapun kriteria penjurian meliputi kualitas bahan yang disiapkan, hasil pekerjaan, ketepatan waktu dan kekompakan. Untuk pemenang diberikan hadiah berupa piala dan uang pembinaan serta sertifikat dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Tolikara. (al)

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *