RAGAM  

Yanto Eluay Minta Tak Ada Kegiatan Politik Terkait Kematian Almarhum Ayahnya

banner 468x60

Jayapura Infopapua.id,- Ondofolo Sentani Yanto Eluay yang juga merupakan anak dari Almarhum Theys H. Eluay meminta semua pihak baik kelompok maupun perorangan untuk tidak memanfaatkan hari kematian orang tuanya untuk kepentingan politik.

Hal ini disampaikan oleh Yanto Eluay mewaikili keluarga sekaligus sebagai Ondofolo Sentani di pendoponya, sentani kabupaten Jayapura, sebelumnya kata Yanto dari keluarga besar almarhum theys eluay, telah melakukan deklarasi damai pada tanggal 10 November 2018, dimana dalam deklarasi damai itu, ada pernyataan sikap yang disampaikan, dimana keluarga memaafkan dan mengampuni semua pihak yang terlibat baik secara langsung maupun tidak langsung dalam kasus penculikan dan pembunuhan almarhum orang tua kami.

banner 325x300

“Kami juga telah mencabut laporan kasus penculikan theys eluay sebagai kasus pelanggaran HAM, karena kami sudah mengampuni dan memaafkan secara total dan menyampaikan bahwa kasus theys eluay sudah kami cabut, kasus itu jangan sampai lagi jadi kasus pelanggaran HAM, selama ini, kasus theys eluay selalu dijadikan komoditas oleh LSM dan juga oleh masyarakat lainya, oleh sebab itu, kami sudah menghentikan resmi lewat keluarga , bahwa theys adalah tokoh yang berjuang untuk kepentingan masyarakat papua,” ujar Yanyto

Dan status Theys Eluay sebagai tokoh papua merdeka kami sudah hentikan, kami ketahui bahwa orang tuanya sepanjang hidupnya bekerja untuk kepentingan negara Republik indonesia, beliau salah satu tokoh yang mewakili masyarakat papua khususnya kabupaten Jayapura dalam proses Perjuangan Pepera, 1026 tokoh-tokoh papua mencetuskan pendapat rakyat bahwa memutuskan bagian dari NKRI, saat itu salah satunya adalah almarhum ayahnya Theys Eluay.

“Untuk itu kami menghimbau jangan ada pihak yang memanfaatkan momen ini sebagai kegiatan-kegiatan politik, status politik papua didalam NKRI sudah final. Mari kita fokus memajukan kesehjahteraan masyarakat papua, jangan lagi kita ikut menyuburkan, mempermasalahkan dan mempersoalkan proses integarasi papua barat kedalam NKRI,” kata yanto,

Pada kesempatan terpisah, tokoh agama Pdt. Jones Wenda mengajak semua masyarakat untuk selalu menjaga sitkamtibmas yang aman dan damai, jangan membuat aksi-aksi yang dapat merugikan diri sendiri ataupun orang lain.

“Mari kita jaga sitkamtibmas yang lebih baik lagi, jangan terprovokasi dengan aksi-aksi politik yang dapat merugikan diri sendiri dan orang banyak,” imbuhnya.

Pdt. Jones juga akan megeluarkan himbauan sitkamtibmas melalui BPHS KINGMI sehingga dengan surat himbauan yang dikeluarkan dapat memberikan dampak yang baik kepada sitkamtibas di Papua..(redaksi)

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *