Lantik Bupati dan Wabup Mambra, Gubernur Minta Jangan Ragu Konsultasi

banner 468x60

JAYAPURA Infopapua.id , – Gubernur Papua Lukas Enembe resmi melantik  John Tabo selaku Bupati dan Ever Mudumi selaku Wakil Bupati Mamberamo Raya, ada sejumlah pesan oleh Gubernur Papua Lukas Enembe di Gedung Negara Dok V Atas, Distrik Jayapura Utara, Kota Jayapura, Papua, Senin (13/09).

“Pertama, bupati adalah pemimpin tertinggi di dalam pemerintah kabupaten yang memiliki rakyat dan wilayah, sehingga dibutuhkan untuk menjadi tokoh panutan dan teladan bagi masyarakat yang dipimpin daerahnya,” katanya.

banner 325x300

Kedua, dengan lahirnya UU nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah sebagaimana dirubah terakhir dengan undang-undang nomor 9 tahun 2015 secara filosofis meletakkan kedudukan gubernur dan bupati dalam posisi hirarkis pemerintahan.

“Sehingga saya berharap saudara bupati dan wakil bupati yang baru saja dilantik jangan ragu berkonsultasi dengan gubernur dalam pelaksanaan tugas-tugas penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan pelayanan kemasyarakatan di tempat tugas,” harapnya.

Lukas Enembe meminta agar John Tabo dan Ever Mudumi untuk memanfaatkan peran pihaknya sebagai gubernur yang merupakan wakil pemerintah pusat di daerah sebagai amanat konstitusi. “Janganlah saudara bupati dan wakil bupati langsung melakukan komunikasi dengan kementerian atau lembaga di pusat tanpa sepengetahuan gubernur,” pintanya.

Ketiga, lanjut Lukas Enembe, keibjakan Otonomi Khusus (Otsus) di Provinsi Papua sejak kepemimpinannya bersama almarhum Klemen Tinal selaku Wagub Papua telah memberikan kebijakan alokasi dana Otsus dengan kerangka 80 : 20 atau 80 persen untuk kabupaten/kota dan 20 persen untuk provinsi dengan perhitungan yang proporsional oleh para akademisi sesuai dengan jumlah penduduk orang asli Papua di masing-masing kabupaten/kota.

“Sehingga ouput dan outcome-nya dapat dirasakan oleh penduduk asli Papua di kabupaten saudara. Karena kemajuan Provinsi Papua tidak diukur dari indeks pembangunan orang asli Papua yang ada di wilayah kerja masing-masing bupati dan wakil bupati,” ujarnya.

Keempat, lanjut mantan Bupati Puncak Jaya itu, soal pelaksanaan PON di Papua yang tinggal menghitung hari, sehingga para kepala daerah diharapkan untuk mendukung kesuksesan penyelenggaraan iven empat tahunan tersebut, baik secara langsung ataupun tidak.

“Saya imbau kepada Bupati atau Wali Kota di Papua untuk sukseskan PON XX, baik secara langsung atau pun tidak. Secara langsung itu kepada daerah yang ditunjuk sebagai pelaksana PON yakni Kota dan Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika dan Kabupaten Merauke,” katanya.

“Secara tidak langsung, untuk kabupaten yang tidak ditunjuk, dapat memberikan kontribusi dalam penyelenggaraan PON, contoh atlet dari Kabupaten Mamberamo Raya atau kabupaten lainnya dapat tergabung dalam atlet yang mewakili Provinsi Papua,” sambungnya.

Ia meminta kepada John Tabo dan Ever Mudumi untuk melaksanakan kepercayaan yang diberikan oleh Tuhan, kepercayaan yang diberikan oleh rakyat Mamberamo Raya agar  sungguh-sungguh dan bertanggung jawab serta membawa berkat dan kemakmuran bagi masyarakat yang dipimpin.

“Segera susun Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) sebagaimana visi dan misi saudara berdua saat kampanye pada pilkada lalu, demi kemajuan masyarakat di Kabupaten Mamberamo Raya,” katanya lagi. (Redaksi)

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *