Rawat Pasien Covid-19, Pemkab Puncak Siapkan RSUD Khusus

banner 468x60

IlAGA INFOPAPUA.ID, Pemerintah Kabupaten Puncak tengah menyiapkan bangunan baru RSUD Kabupaten Puncak, sebagai lokasi isolasi terkendali bagi pasien Covid-19 dengan gejala ringan ataupun orang tanpa gejala, yang berlokasidi kampung Kago, Ilaga, Kabupaten Puncak.

Bangunan baru RSUD Puncak ink sendiri dinilai sebagai tempat yang cocok untuk pasien Covid.SUD yang memang dirancang khusus untuk wilayah dingin seperti Kabupaten Puncak, sehingga pasien yang dirawat tetap merasa hangat.

banner 325x300

Bupati Puncak Willem Wandik, sejak Rabu 18 Agustus langsung memantau kesiapan RSUD Puncak itu.

Mengingat bangunan yang masih dalam tahap finishing dan belum digunakan, bupati bersama tim Gugus Tugas penanggulangan Covid-19 Kabupaten Puncak, serta staf Dinas Kesehatan, TNI/Polri dan warga setempat melakukan pembersihan di lokasi tersebut.

“Saya memastikan di Kabupaten Puncak punya lokasi sendiri sebagai tempat isolasi bagi pasien Covid. Fasilitas seperti tempat tidur dan lainnya termasuk air bersih harus benar-benar siap,” ujarnya dalam keterangan pers yang diterima media, Senin (23/08/2021).

Nantinya, orang dengan gejara ringan atau tanpa gejala akan diinapkan hingga sembuh.

Adanya lokasi isolasi pasien covid dianggap penting karena selama ini banyak warga Puncak yang terpapar, tapi tidak melakukan isolasi mandiri di rumah.

“Mereka yang dinyatakan reaktif, lalu dianjurkan untuk melakukan isolasi mandiri di rumah, ternyata banyak yang malah kembali beraktivitas dengan kerabatnya, padahal belum benar-benar sembuh. Daerah Kabupaten Puncak ini memiliki cuaca yang sangat dingin, kami khawatir covid dengan cepat menyebar,” ujar bupati.

Sedangkan untuk pasien dengan gejala berat, Kabupaten Puncak menyiapkan tempat khusus di Puskesmas Ilaga. Jika di puskesmas ini tak bisa lagi menangani, pasien dirujuk langsung ke Timika.

Sejak Juli 2021, terdapat 88 orang yang dinyatakan positif Covid dan sebanyak 53 orang dinyatakan sembuh, masih dalam pemantauan sebanyak 19 orang, 1 orang  dalam perawatan dan 3 orang meninggal dunia. ** (Diskominfo Puncak)

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *