Wargaya Terpapar Corona, Pemkab Puncak Sewa Hotel di Timika, Sebagai Tempat Karantina

Bupati Puncak Willem Wandik,SE,M.Si./Diskominfo Puncak.
banner 468x60

TIMIKA Infopapuaid, -Bupati Puncak Papua Willem Wandik,SE,M,Si, nampaknya tidak main-main dalam penanganan pendemi covid-19 di Kabupaten Puncak,setelah diketahui delapan warganya sudah terpapar positive covid-19,data  Dinas Kesehatan Puncak sampai kemarin. maka dirinya pun mengambil kebijakan untuk menyewa hotel di Kabupaten Timika,sebagai rujukan dan lokasi karantina bagi para pasien covid-19  asal kabupaten Puncak.

“Kami rencana laksanakan pertemuan dengan Bupati Timika, sekaligus meminta izin untuk menyewa hote di Timika,sebagai tempat karantina bagi para pasien covid-19, dari Kabupaten Puncak,”ungkap Bupati saat dihubungi via telephon selulernya, Senin,19 Juli,petang kemarin.

banner 325x300

Dijelaskan, alasan dipilihnya timika, terikait dengan fasilitas tabung oksigen,serta fasilitas kesehatan di Timika yang dinilai lebih layak,ketimbang para pasien berada di Kabupaten Puncak, karena tabung oksigen tidak ada di Puncak,karena tidak bisa diangkut melalui penerbangan udara,selain itu oksigen di Kabupaten Puncak yang sangat tipis,selain itu kondisi keamanan di Ilaga,beoga dan sinak,yang belum benar-benar kondusif,akan mempengaruhi tim kesehatan dalam penanganan pasien covid-19.

“Besok saya akan tugaskan Kepala Dinas kesehatan,untuk mencari hotel-hotel,yang bisa menerima kita untuk karantina bagi para pasien covid dari Kabupaten Puncak,karena fasilitas oksigen di Puncak tidak ada,”tegasnya.

Dikatakan dari hasil pertemuan Presiden RI Joko Widodo dan para kepala daerah se Indonesia, secara virtua kemarinl, Presiden telah memberikan arahan agar para Kepala Daerah terutama daerah-daerah yang awalnya masuk dalam zona hijau, agar bisa mengambil kebijakan,untuk penangani covid-19,lebih selektif dan pengawasan lebih ketat, agar pasien covid-19 tidak bertambah.

Sebagai kepala daerah, dirinya akan mengambil sejumlah langkah,guna penanganan pendemi covid di Puncak, salah satunya adalah telah menutup akses penumpang ke Kabupaten Puncak,baik dari Timika,Nabire dan Jayapura,dua minggu ke depan,ini semata-mata untuk mengantisipasi melonjaknya covid-19 di Kabupaten Puncak,karena di Puncak,minim fasilitas penanganan covid,oksigen saja tidak ada,lagi pula daerah Puncak cukup dingin,akan mempercepat penularan virus covid-19.

“Sehingga mau tidak mau,kita akan rujuk ke Timika, sehingga penanganan pasien lebih baik,apalagi di Timika ada tabung oksigen dan fasilitas kesehatan yang lebih memadai,”tegasnya.(Diskominfo Puncak)

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *