33 UMKM Ikut Kurasi, BI Papua Harap Jadi Pembuka Jalan Pasar Ekspor

Kurasi UMKM Bank Indonesia Perwakilan Papua, Selasa (14/3/2023). [Foto: BI Papua]
banner 468x60

JAYAPURA, INFOPAPUA.ID –  Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua menyelenggarakan kurasi bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) pada Selasa (14/3/2023).

Kurasi diikuti 33 UMKM dari sejumlah daerah di Tanah Papua yakni Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Nabire, Mimika, Keerom  hingga Merauke. Sejumlah produk UMKM juga diikutsertakan dalam kurasi terdiri dari 3 sektor utama, yaitu kopi, kriya, serta makanan dan minuman.

banner 325x300

BI Papua menghadirkan dua kurator berpengalaman di tingkat nasional. Kedua kurator yakni Yuanita Rachma selaku Dewan Pembina Specialy Coffee Association Indonesia (SCAI) dan Abdul Hadi selaku CEO Kravasia.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua, Juli Budi Winantya mengharapkan hasil kurasi produk UMKM dapat menjadi jalan pembuka untuk mendorong peningkatan ekspor oleh pelaku UMKM.

“Kurasi ini sangat krusial untuk mendukung perluasan inklusivitas pelaku usaha di sektor yang menjadi sumber pertumbuhan ekonomi baru di Papua, yaitu pertanian, perikanan, pariwisata, dan ekonomi kreatif dengan melibatkan UMKM,” ujarnya, Rabu (15/3).

Bank Indonesia Papua akan terus berupaya meningkatkan daya saing produk unggulan Papua agar mampu bersaing tidak hanya di nasional, tapi juga internasional dalam rangka mendukung pemulihan ekonomi.

Untuk itu, Juli Budi Winantya berpesan kepada UMKM agar konsisten meningkatkan kualitas produk secara berkesinambungan dengan tetap mengikuti tren pasar. “Ada dua langkah penting yang harus dilakukan UMKM, yaitu sinergi dan inovasi,” tutupnya. (Redaksi)

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *