HUKRIM  

Lantik Pejabat Baru, Kajati Kondomo : Jangan Pandang Bulu Dalam Penegakan Hukum

Kajati Papua, Nikolaus Kondomo bersama para pejabat di lingkup Kejati Papua/ Doc - redaksi
banner 468x60

JAYAPURA Infopapua.id ,- Kepala Kejaksaan Tinggi Papua, Nikolaus Kondomo  melantik sejumlah pejabat baru dilingkup Kejaksaan Tinggi Papua, maupun di jajarannya, di kantor Kejaksaan Tinggi Papua, Selasa (15/3/2022).

Ditemui usai pelantikan, Kajati Kondomo meminta kepada pejabat baru baik para Asisten maupun Kepala Kejakasaan Negeri, untuk segera menyesuaaikan diri dengan tempat tugas, serta berhati-hati dalam pelaksanaan tugas penegakan hukum.

banner 325x300

“Pejabat baru segera beradaptasi dengan situasi dan kondisi di tanah Papua, tugas-tugas yang ditingalkan oleh pejabat lama supaya segera di laksanakan, melaksanakan tugas dengan baik, hati-hati dalam pelaksanaan tugas, terutama  penegakan hukum korupsi yang sellau menjadi perhatian masyarakat agar diseriusi,” ujar Kajati.

Kajati juga menekankan agar tidak pandang bulu dalam hal penanganan perkara, baik tindak pidana umum maupun khusus, namun tetap  mengedepaankan kearifan daerah dalam penanganan pekara baik umum maupun khusus.

“Penanganan perkara tanpa pandang bulu tetapi juga mengedepaankan kearifan  daerah, dengan menggunakan hai nurani baik itu perkara pidum maupun korupsi,” kata Kajati

Menurut Kajati, Jaksa  adalah orang yang menentukan naik tidaknya suatu perkara ke pengadilan, sehingga itu Jaksa harus menjadi filter dalam tugas penegakan hukum, sesuai  atensi Jaksa Agung agar menggunakan hati nurani dalam pelaksanaan tugas.

“Jaksa lah yang menentukan pekara itu naik dan tidak ke persidangan, oleh sebab itu Jaksalah yang menjadi filter  dalam melaknakan tugas-tugas hukum denga baik, Jaksa Agung dalam pidato-pidatonya selalu mengatakan, gunakan hati nurani mu dalam melaksanakan tugas-tugas penegakan hukum, lihat asas mensreanya dalam melaksanakan tugas,”  tandas Kajati

Kajati juga berpesan kepada jajaranya agar senantiasa membantu menjaga situasi keamanan di tanah Papua agar penegakan hukum dapat berjalan dengan baik.

“ Di Papua Kejaksaan juga berkewajiban menjaga situasi keamanan agar aman tertib aman dan damai, sehingga penegakan hukum dalam berjalan dengan baik,” terang Kajati. (**)

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *