PON XX Sukses , Wapres : Papua Sa Cinta Ko

banner 468x60

JAYAPURA Infopapua.id ,- Setelah berlangsung selama  dua minggu lamannya, Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua akhirnya resmi ditutup oleh Wakil Presiden Indonesia, KH Ma’ ruf Amin, di Stadion Lukas Enembe, Kabupaten Jayapura, Jumat (15/10/2021).

Saat menutup PON XX Papua, KH. Wapres Ma’ ruf Amin mengaku jatuh hati dengan Papua, dan ia begitu mencintai Papua, dan sejarah akan mencatat jika di tanah Papua untuk pertama kalinya PON digelar dan berlangsung sukses.

banner 325x300

“ Papua telah membuat saya Jatuh hati , Papua sa cinta ko, sejarah akan mencatat PON di Papua berlangsung sukses, saya bangga dan terharu atas tekad dan kerja keras pemerintah dan rakyat Papua dalam melaksanakan PON,” kata Wapres

Wapres mengaku PON Papua adalah PON dengan venue terjauh yang pernah ada di PON, dimana Venue terbagi ke empat daerah yakni, Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Mimika dan Merauke, selain itu keberlangsungannya ditenggah panedemi Covid-19 menjadikannya sebagai PON tersulit yang pernah digelar.

“PON  yang  berlangsung ditenggah pandemi Covid-19 , ini merupakan PON tersulit yang pernah dilaksanakan, namun atas kerja keras  pemerintah dan rakyat papua PON berjalan dengan sukses, seuai  dengan semboyan Torang Bisa,”  ungkap Wapres

Keuksesan PON, serta keberadaan Venue PON  yang di Papua, tak hanya menjadikan Papua sejajar dengan daerah lainnya, namun dalam beberapa aspek Papua justru lebih unggul. “Ini bukan saja menunjukan Papua sejajar dengan daerah lain tapi dalam beberapa aspek lebih unggul,” terang Wapres

Wapres juga memberikan apresiasi atas capaian Papua di PON XX,  yang berhasil meraih 93 medali emas dan menempati posisi empat besar, posisi ini  jauh lebih baik dari PON 2016 Jawa Barat, dimana Papua menempati posisi 8 besar.

“Selamat atas capain presrtasi Papua dengan 93 medali emas, dan menempati posisi 4 besar, dari sebelumnya 8 di PON 2016,  Papua telah menjadi kekuatan olahraga Nasional, ini membuktikan Papua tidak hanya kaya, namun juga berkualitas,” kata Wapres.

Sementara itu Gubernur Papua, Lukas Enembe  mengaku, merasakan dua hal yang berbeda sekaligus, perasaan itu adalah bahagia serta rasa haru. Bahagia melihat seluruh cabang olahraga telah yang telah ditemukan para pemenangnya, serta haru yang menyelimuti hati karena perpisahan yang akan segera tiba.

“Saya juga mengucapkan selamat kepada provinsijawa baratyang meraih juara umum pada pon XX  papua 2021.  Semoga prestasi yang gemilang tersebut dapat menjadi cambuk bagi provinsi-provinsi lainnya untuk menghadapi pon yang akan datang,” ujar Gubernur.

Enembe juga memberikan apresiasi kepada PB PON, serta  seluruh masyarakat papua yang turut membantu penyelenggaraan PON XX Papua 2021, “saya harus katakan bahwa kalian semua luar biasa. Jauh sebelum penyelenggaraan, tidak sedikit orang diluar sana yang skeptis dan pesimis, apakah papua mampu menjadi tuan rumah pon?  Hari ini dapat kita buktikan, bahwa papua bisa, torang bisa!, barang apa jadi!,” tandas Enembe. (Redaksi)

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *