Atlet PON Terpapar Covid-19, Sub PB PON Kota Jayapura Perketat Prokes di Setiap Venue

Ketua Sub PB PON Kota Jayapura, Benhur Tomi Mano.
banner 468x60

JAYAPURA Infopapua.id, –Adanya tenemuan  kasus atlet  positif Covid-19  saat penyelenggaraan Pekan Olaharaga Nasional (PON) XX, Sub PB kota Jayapura akan memperketat penerapan protokol kesehatan pada setiap venue di Kota Jayapura

Demikian diungkapkan, Ketua Sub PB PON kota Jayapura, Benhur Tomi Mano kepada wartawan di Jayapura, Kamis (10/7/2021). Mano mengatakan. penerapan protokol kesehatan (Prokes) secara ketat akan dilakukan khusus pada arena pertandingan yang tertutup.

banner 325x300

“Sesuai instruksi Kemendagri penonton yang boleh hadir di venue hanya 25 persen untuk itu, kita akan perketat prokes di  venue yang tertutup seperti di tinju, bola voli, dan bulu tangkis itu kita akan atur,” katanya.

Dirinya berharap, penyelenggaraan pesta oleharaga terbesar di Indonesia tersebut tidak menjadi klaster baru penyebaran Covid-19 di kota Jayapura.  “Untuk itu semua TD harus mengikuti prokes yang ketat ini yang kita harapkan,” ujarnya.

Mano mengakuip[ihaknya akan bekerja sama dengan Dinas Kesehatan untuk melaksanakan vaksinasi di lima Distrik di kota Jayapura.  “Kami mendapat bantuan 4000 peket sembako dari Kadin Papua nantinya kita aka memberikan bagi warga yang divaksin di lima wilayah itu,” jelas BTM sapaan akrabnya.

Selain bagi masyarakat, BTM juga meminta 13 Puskesmas di kota Jayapura agar melakukan vaksinasi kepada pimpinan OPD ruang lingkup pemerintah kota Jayapura hingga mencapai 70 persen.

Mano meminta agar semua atlet dan official untuk melaporkan diri jika ditemukan gejala Covid-19 kepada dinas kesehatan untuk segera ditangani.

“Untuk semua atlet, manager saya minta kalau ada indikasi gejala covid segera melapor kepada dinas kesehatan atau pantia yang menangani kesehatan agar dapat penanganan cepat  supaya tidak menyebar kepada orang lain,” pungkas BTM

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Jayapura, Ni Nyoman Antari, mengakui resiko  atlit maupun ofisial PON yang  terkena covid-19 itu bukan saja di tempat bertanding tapi bisa juga di transportasi, mungkin saat keberangkatan menggunakan pesawat.

Antari yang juga Ketua Bidang kesehatan Sub PB PON Kota Jayapura ini mengaku, pihaknya akan berusaha untuk meredam jangan sampai kasus Covid-19  membeludak seperti bulan Juli kemarin.

“Kita antisipasi itu sehingga yang positif covid kita bawah ke tempat isolasi terpusat agar tidak menular ke yang lainnya dan rinsipnya itu karena lengah tidak menggunakan masker dan mengikuti protolkol kesehatan” kata Ni Nyoman Antari. (Redaksi)

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *