Buka PON XX Papua , Presiden Jokowi : PON Adalah Panggung Kebersamaan

Presiden RI Ir. H. saat Joko Widodo membuka secara resmi perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2021 Papua, di Stadion Lukas Enembe, Kabupaten Jayapura Provinsi Papua, Sabtu (2/10/2021)/ Dok Biro Pers Istana
banner 468x60

JAYAPURA Infopapua.id ,- Presiden RI Ir. H. Joko Widodo membuka secara resmi perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2021 Papua, di Stadion Lukas Enembe, Kabupaten Jayapura Provinsi Papua, Sabtu (2/10/2021).

Kendati berlangsung ditengah pandemic Covid-19, namun pembukaan PON XX tetap dihadiri oleh penonton yang mendapat undangan dari Panitia PON, dimana syarat utamanya adalah vaksin ke 2.

banner 325x300

Sejumlah tari-tarian khas Papua ditampilkan dalam acara tersebut, para artis ternama Papua juga tampil meramaikan suasana, Presiden Jokowi bahkan ikut meramaikan dengan bermailan bola bersama legenda sepakbola Papua dan Persipura Jack Komboy.

Presiden Jokowi saat membuka event empat tahunan  tersebut mengaku bangga  berada di Tanah Papua, berada di Stadion terbaik di Asia Pasifik ini.  Dimana Perhelatan PON XX Papua yang pertama kali diselenggarakan di Tanah Papua merupakan bentuk kemajuan Papua.

“PON ini mempunyai makna besar bagi seluruh masyarakat Indonesia, PON ini panggung terbesar kedua, panggung kebersamaan, panggung persaudaraan dan panggung keadilan untuk maju Bersama masyarakat,” ujar Presiden.

Menurut Presiden, Stadion Lukas Enembe bukan satu-satunya simbol kemajuan Papua, bahkan Bandara dan Pelabuhan, Jalan lintas Papua merupakan capaian-capaian lain dari kemajuan Papua, selain diharapkan meningkatkan kualitas dan kuantitas lembaga formal dimana tadi pagi meresmikan dimulainnya pembangunan Papua Newtitas yang bisa membawa nilai tambah untuk kemanuan Papua.

Ia juga meminta prestasi Atlit Papua harus terus di Pupuk dan dianugrahkan, prestasi Papua seperti Lisa Rumbewas dibidang atlit angkat besi, Santi Anelis dibidang atlit, Frans dan boas Salosa dibidang Sepak Bola, dan ini harus terus diikuti oleh pemuda-pemuda lainnya Papua lainnya.

“Marilah kita rayakan Pekan Olaharga Nasional (PON) XX Papua Tahun 2021 dengan penuh suka cita dan junjung tinggi sportifitas, mempererat tali persaudaraan, kebersamaan serta persatuan dan kesatuan Bangsa, yakinlah kemajuan papua akan berjalan cepat, mari kita tunjukkan partisipasi kita untuk menjamin keberhasilan Pon XX Papua Tahun 2021,” kata Jokowi.

Sementara itu, Gubernur Papua Lukas Enembe dalam kesempatnnya mengatakan, pekan olahraga ini menggambarkan kemajuan Papua menuju infrastruktur yang baik di Tanah Papua dan masyarakat Papua dalam menyelenggarakan Acara besar untuk berprestasi di kancah nasional dan Internasional.

“Marilah kita rayakan PON XX di Tanah Papua dengan penuh sukacita, menjunjung tinggi sportivitas, mempererat tali persaudaraan, kebersamaan dan kesetaraan serta persatuan dan kesatuan bangsa untuk mewujudkan kemajuan Papua,”  kata Enembe. (Redaksi)

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *