HUKRIM  

Kelompok Seperatis Teroris Masih Berkeliaran di Kiwirok

Mayor Jenderal TNI Ignatius Yogo Triyono saat membesuk nakes korban penyerangan KST yang sedang dirawat di RS Marthen Indey Jayapura/ Redaksi.
banner 468x60

JAYAPURA Infopapua.id, – Pangdam XVII/Cenderawasih, Mayor Jenderal TNI Ignatius Yogo Triyono menjelaskan situasi keamanan di Distrik Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang rawan terkendali.Ia menyebutkan Kelompok Separatis Teroris Papua (KSTP) masih berkeliaran di sekitar Kiwirok.

“Artinya, walau situasi terkendali oleh personel di lapangan, tapi masih rawan. Ini tetap harus diantisipasi,” jelas Pangdam, Rabu (22/9) ditemui di Jayapura.

banner 325x300

Untuk pertebalan pasukan, selain petugas pengamanan daerah rawan, Kodam Cenderawasih telah mengirim pasukan tambahan dari Yonif 751 Sentani sebanyak 15 orang dan juga diperkuat dengan pasukan dari Satgas Nemangkawi Polri. “Pengejaran kepada mereka yang melakukan perbuatan biadab ini tetap dilakukan,” jelasnya.

Pangdam berujar hari ini ada 3 orang warga sipil yang dievakuasi ke Jayapura yakni 2 orang pendatang dan seorang ibu asal Distrik Kiwirok yang dengan keinginan sendiri turun ke Jayapura.

“Sebelumnya 3 orang warga sipil ini telah mengungsi ke pos pengamanan Kiwirok dan hari ini sudah dievakuasi ke Jayapura,” jelasnya.

Walaupun aparat keamanan mengklaim telah menguasai Distrik Kiwirok, Pegunungan Bintang Papua. Namun, sehari sebelumnya seorang anggota TNI tewas tertembak KSTP, saat mengamankan lokasi pendaratan pesawat untuk evakuasi jenazah Suster Gabriella Meilani.

Distrik Kiwirok pada Senin (13/9) diserang oleh KSTP pimpinan Lamek Taplo. Dalam kejadian ini, Suster Gabriella meninggal dunia, seorang matri kesehatan Gerald Sokoy belum diketahui keberadaannya dan 9 orang tenaga kesehatan lainnya mengalami trauma dan luka-luka akibat penganiayaan yang dilakukan oleh KSTP tersebut.

Tak hanya menganiaya tenaga kesehatan, KSTP Lamek Taplo juga membakar Puskesmas Kiwirok, Bank Papua Kiwirok, sekolah, rumah guru dan tenaga kesehatan, termasuk rumah warga. (Redaksi)

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *