HUKRIM  

Pasca Penegakan Hukum Terhadap KKB, Kondisi Warga di Kampung Sasawa Aman dan Kondusif

banner 468x60

SERUI INFOPAPUA.ID, – Pasca penegakan hukum kepada Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di bawah pimpinan Fernando Worabai beberapa waktu lalu di Kampung Sasawa Distrik Yapen Barat, dan sempat menimbulkan kepanikan di kalangan warga.

Kapolres Kepulauan Yapen AKBP Ferdyan Indra Fahmi,S.H., S.I.K, Dandim 1709/Yawa Letkol Inf Leon Pangaribuan, Kajari Negeri Kepulauan Yapen Marcelo Bella, dan Ketua Pengadilan Negeri Serui Ronald Massang, serta beberapa personil TNI-Polri dan BKO Brimob Polda Papua mengunjungi Kampung Sasawa serta melakukan Bhakti sosial Merah Putih. Kamid (19/8/2021).

Kedatangan mereka mendapat sambutan hangat dari masyarakat kampung setempat bersama Kepala Distrik Yapen Barat, Plh Kepala kampung Sasawa, beberapa tokoh, bahkan di lakukan prosesi adat injak piring sebagai tanda penghargaan.

Kepada awak media usai membagikan sejumlah sembako kepada masyarakat, Kapolres AKBP Ferdyan Indra Fahmi mengatakan, kedatangannya bersama rombongan di Kampung Sasawa untuk melihat secara langsung dan memastikan bahwa kondisi masyarakat di kampung Sasawa ini dalam keadaan baik dan sehat, tidak seperti isu-isu yang dikabarkan sebelumnya bahwa masyarakat sempat takut namun setelah melihat secara langsung memang masyarakat hanya terbawa atau terprovokasi juga mungkin mendapat informasi-informasi yang salah sehingga muncul rasa ketakutan.

“kami datang kesini untuk memastikan secara langsung keadaan saudara-saudara kita, bisa di lihat sendiri semuanya aman dan tenang, serta akan memberikan jaminan rasa aman kepada masyarakat karena ini merupakan bagian yang harus kami lindungi dan kami layani, tentunya masyarakat juga harus mengetahui bahwa proses penegakan hukum hanya kepada kelompok-kelompok yang melanggar peraturan,” ujarnya

Dijelaskan, TNI- Polri, Kejaksaan dan Pengadilan, akan selalu konsisten menjaga masyarakat kampung ini agar masyarakat tidak perlu cemas dengan adanya ancaman dari kelompok-kelompok yang tidak bertanggung jawab dan oknum-oknum yang sengaja membuat situasi dikampung ini seolah-olah cukup mengkhawatirkan.

“Setelah kami hadir disini faktanya kami lihat sendiri semuanya aman, apalagi saat ini masih dalam suasana Hut kemerdekaan RI yang ke-76, Negara hadir memberikan jaminan keamanan, memastikan kampung ini merah-putih tidak terkontaminasi dengan kelompok-kelompok yang berseberangan dengan NKRI, hadir disini secara langsung sebagai bentuk Negara hadir ditengah masyarakat sehingga apapun yang menjadi harapan masyarakat kami selalu mensupport,” ungkapnya tandasnya.

SementaraDandim 1709 Yawa, Letkol Inf Leon Pangaribuan dengan mengungkapkan, setelah melihat langsung kondisi masyarakat di Kampung Sasawa ini memang benar masyarakat takut tetapi bukan takut dengan kehadiran TNI-Polri.

“Jadi sebenarnya yang mereka takutkan pasca kejadian itu adalah siapa yang mengayomi dan melindungi mereka, ini sebuah fakta bahwa kita tidak boleh menutup mata dengan kejadian seperti ini terhadap masyarakat,” terang Dandim Leon.

Menurutnya, rasa takut yang dialami oleh masyarakat harus dijawab dan setelah melakukan komunikasi bersama masyarakat, ternyata mereka mempunyai sebuah kerinduan hadirnya aparat keamanan di kampung ini sehingga rasa takut mereka terhadap hal-hal yang tidak diinginkan seperti gangguan keamanan atau ancaman, sehingga hal ini harus dijawab dengan menghadirkan pos gabungan personil Koramil dan Polsek dalam waktu dekat ini agar masyarakat lebih yakin bahwa Negara hadir ditengah-tengah kehidupan masyarakat.

Sementara itu, Marinus Kayoi salah satu tokoh adat setempat menuturkan sangat bahagia dengan kehadiran keempat pimpinan Lembaga Negara dari Yapen karena dapat memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat.

“Selaku tokoh adat saya katakan, dengan kedatangan Kapolres, Dandim, Kajari dan Ketua Pengadilan memberikan kebahagian kepada kami dan masyarakat merasa legah, inilah harapan kami semua”. singkat Marinus. (eb)

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *