HUKRIM  

Komjen Paulus Waterpauw : Intelijen Harus Mampu Menjadi Mata dan Telinga Pimpinan

banner 468x60


BANDUNG Infopapuaid ,- Kabaintelkam Polri, Komjen Paulus Waterpauw, melakukan peninjauan fasilitas Pusdik Intel Polri serta memberikan pengarahan kepada siswa SIP sus intelkam Polri, di Pusdik Intelkam Polri Cipatik, Pamekaran, Soreang, Bandung, Jawa Barat, Kamis 3 Juni 2021.

Dalam arahannya, Kabaintelkam Polri, Kabaintelkam Komjen Pol.Paulus Waterpauw, menyampaikan program PRESISI Kapolri yang mengedepankan fungsi intelijen sebagai Pemolisian prediktif atau predictive policing yang mengedepankan kemampuan untuk memprediksi situasi dan kondisi yang menjadi isu dan permasalahanserta potensi gangguan kamtibmas.

” Kepadanserdik SIP Sus memiliki kemampuan yg handal dlm deteksi, karena salah satu keberhasilan tugas intelijen adalah deteksi dikaitkan dengan potensi gangguan,” ujar Kabaintelkam.

Kabaintelkam juga menyampaikan, tugas intelijen di era modern menurut Andi Widjayanto (mantan Sekkab era Presiden Jokowi – JK dan saat ini menjadi penasihat KSP) dlm bukunya State – Intelligence Interaction 1945 – 2004 (Hubungan Intelijen – negara 1945 -2004) adalah mendeteksi dini ketika ada gangguan terhadap keamanan sebuah negara dan mampu mengantisipasi aktor-aktor non-negara (non-state actors) serta memiliki penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi.

“Peserta didik nantinya akan bertugas sebagai First line supervisor, bangun jaringan dan hubungan emosional dengan sering turun di lapangan, konsep blusukan ini sering dilakukan oleh Presiden RI dan menjadi kebiasan saya dalam bertugas dimanamun, Intelijen harus mampu menjadi mata dan telinga Pimpinan melalui Deteksi Dini serta Deteksi Aksi dlm rangka menjaga stabilitas Kamanan dalam negeri,” pesan Kabaintelkam.

Dalam kesempatan tersebut, Kabaintelkam, Komjen Pol.Paulus Waterpauw, mengunjungi Mantan Kapusdik Intelijen Bpk. Kombes Pol. Purn. Ipoeng Supena yg sedang sakit stroke di Kampung Cihampelas, Kabupaten Bandung Barat. (Redaksi)

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *