Cerita Blusukan ala Komjen Paulus Waterpauw

Komjen Pol Paulus Waterpauw terlihat membeli hasil kebun sambil bercanda gurau dengan semua mama-mama Papua yang di temui berjualan di Jalan Poros Mapuru Jaya KM 14, Kelurahan Kamoro Jaya, Distrik Wania, Kabupaten Mimika, Papua, Jumat 24 April 2021/Foto-Redaksi.
banner 468x60

MIMIKA Infopapua, – Prsesiden Jokowi terkenal dengan blusukannya, baik saat menjadi Walikota Solo, Gubernur DKI, hingga Presiden kini. Ternyata , dari Mabes Polri juga ada cerita bluskan. Kali ini yang punya cerita adalah Kabaintelkam Polri, Komjen Pol. Paulus Waterpauw, yang gemar melakukan blusukan sedari awal menjadi anggota Korps Bhyangkara.

Meskipun ini menjadi pejabat utama di Kepolsian Indonesia, namun Kaka besar, sapaan akrab Komjen Paulus Waterpauw , tetap saja masih hobi blusukan, kami ini dalam kunjungan kerjanya di Mimika, Provinsi Papua, Jenderal bintang tiga ini, menyempatkan diri membeli sejumlah hasil kebun di Pasar Sore mama-mama asli Papua sedang menjual hasil kebun mereka.

banner 325x300

Sang Jenderal tidak sendiri, ia Direktur Kamsus Brigjen Pol Rudi Pranoto, Direktur Kamneg Brigjen Pol Anthony MT Siahaan, dan Direktur Intelkam Polda Papua Kombes Pol Guntur Supono.

Pantauan di lapangan bahwa mobil yang membawa sang Jendral tiba-tiba berenti di persimpangan jalan membuat kendaraan lainnya berenti dan tiba-tiba Jendral turun dari mobil untuk membeli hasil kebun mama-mama papua.

Komjen Pol Paulus Waterpauw terlihat membeli hasil kebun sambil bercanda gurau dengan semua mama-mama Papua yang di temui berjualan di Jalan Poros Mapuru Jaya KM 14, Kelurahan Kamoro Jaya, Distrik Wania, Kabupaten Mimika, Papua, Jumat siang sekitar pukul 14.46 WIT.

Hasil kebun yang di beli berupa daun ubi jalar, pisang gepok, singkong, rebung dan jambu biji serta jantung pisang dan rambutan.

Mama-mama asli Papua itu berjualan di Pasar Sore simpang Jalan SP1 dan SP4, Kelurahan Kamoro Jaya dengan cara menjajakan di pinggir jalan beralaskan bekas karung ataupun terpal seadanya.

“Ini saya punya tempat lewat, makanya jika melintas disini saya mampir untuk beli masyarakat punya hasil panen. Ini kan pas sepi to,” kata Paulus ketika ditanyai awak media.

Menurut dia, mama-mama asli Papua itu bersama suaminya ataupun keluarganya telah berupaya membuat kebun dengan menanam berbagai macam tanaman yang bisa dijual kepada masyarakat yang melintas di jalan tersebut. “Yah, jadi sekarang hasilnya kita harus beli dong, sehingga ada peredaran uang di sini,” jelasnya.

Jenderal bintang tiga Polri itu mengaku bahwa selain membeli hasil kebun, Ia ingin blusukan, melihat langsung aktivitas warga di sekitar Timika, dalam hal menjual hasil kebun. “Iya, ini blusukan,” jawabnya.

Pada momentum itu, terlihat mantan Kapolda Papua itu menjelaskan soal khasiat dan cara pemakaian daun gatal kepada Direktur Politik dan Direktur Kamsus serta Direktur Intelkam Polda Papua.

Komjen Pol Paulus Waterpauw berada Pasar Sore mama-mama asli Papua itu usai melayat di rumah almahrum Ketua DPRD Mimika Roby Kamaniel Omaleng, SIP, MA.

Blusukan sendiri bukan hal baru bagi Komjen Paulus Waterpauw, saat menjabat Kapolda Papua, Waterpauw kerab melakukan aksi blusukan dengan cara berjalan kaki ke kompleks perumahan warga, hal ini dilakukan untuk mengetahui situasi ditengah masyarakat. (Redaksi)

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *