Masih Pandemi Covid-19, Walikota Imbau Warga Tak Open House Saat Natal

Suasana rapat koordinasi di Main Hall Kantor Walikota Jayapura, Kamis (10/12)/Foto-Ist.
banner 468x60

JAYAPURA IP ,- Walikota Jayapura DR. Drs. Benhur Tomi Mano, MM, menghimbau kepada masyarakat agar dalam perayaan Natal 25 Desember 2020 agar tidak melakukan open house. Hal ini mengingat situasi Papua yang masih dalam kondisi Pandemi Covid-19.

Hal ini disampaikan Walikota enghadiri rapat kebijakan pencegahan dan penanganan Covid-19 serta kamtibmas jelang Natal dan Tahun Baru 2021, bersama muspida Kota Jayapura dan instansi terkait, di Main Hall Kantor Walikota, Kamis (10/12).

banner 325x300

Walikota Jayapura DR. Drs. Benhur Tomi Mano, MM menuturkan data jumlah kumulatif positif dari bulan Maret s/d Desember 2020 sebanyak 5.784 orang dengan rincian sembuh 5.156 orang, dirawat 529 orang dan meninggal dunia 99 orang. Dari jumlah terkahir yang saat ini positif terdapat 529 orang dan dirawat di RS Bhayangkara, RS Dok II, RS Aryoko dan 226 diantaranya dirawat di LPMP Kotaraja serta dirujuk 4 orang.

“Melihat tingkat kesembuhan cukup tinggi direncanakan beberapa minggu kedepan tempat perawatan di LPMP akan kita tutup,” ujar Walikota.

Menurut Walikota untuk tempat ibadah maupun toko mall besar harus menerapkan protokol kesehatan, tempat ibadah harus diberikan himbauan dan pengawasan ketat serta acara pernikahan juga harus diperketat dengan membatasi undangan yang hadir, selain itu juga acara pernikahan harus ada rekomendasi dari tik gugus tugas kota Jayapura dan surat ijin keramaian dari kepolisian.

“Dalam perayaan natal tahun ini saya tidak open house maupun melaksanakan perayaan Natal Pemerintah Kota dan Masyarakat, apabila ada kerukunan hendak merayakan harus ada ijin dan dilaksanakan didalam gedung,” ungkapnya

Ia berharap dalam bulan Desember 2020 ini tidak ada intoleran di Kota Jayapura,  sebab Jayapura adalah honai bersama dan telah terjalin toleransi antar umat beragama yang baik, Ia juga mengajak semua elemen untuk bersama-sama kita mengawal dan menjaga kamtibmas agar tetap kondusif menjelang perayaan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 di Kota Jayapura.

Sementara itu Kapolresta Jayapura Kota AKBP Gustav R. Urbinas, SH., S.IK., M.Pd menyampaikan sebagai negara hukum segala sesuatu sudah diatur berdasarkan hukum, namun keselamatan rakyat adalah hukum tertinggi.

“Dalam menyongsong perayaan hari Natal kami berharap kita semua bisa berperan menciptakan situasi keamanan agar selalu kondusif dan memberikan  himbauan kepada masyarakat untuk selalu menerapkan protokol kesehatan,” Terangnya.

Lanjut Kapolresta, untuk ibadah dilaksanakan dalam gedung karena apabila dilakukan di luar ruangan maka Jemaat yang hadir tidak bisa dibatasi dan ia berharap setiap instansi  atau lembaga yang hendak melakukan kegiatan harus membuat surat ijin keramaian dan mengikuti prosedur yang ada.

 “Saya ucapkan terimakasih kepada para tokoh agama atas tekad dan komitmennya untuk bersama-sama bersinergis mengajak toleransi antar umat beragama dengan baik di kota Jayapura dan saya juga berharap semua tidak terpengaruh dengan isu maupun perkembangan informasi dari luar yang bisa merusak toleransi umat beragama yang sudah terjalin baik, ” Ujar AKBP Gustav.  (redaksi)

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *