Mandenas Dorong Pembangunan Akses Telekomunikasi di Puncak Dipercepat

Anggota Komisi I DPR RI, Yan Permenas Mandenas, bersama rombongan saat berdiskusi dengan Bupati Puncak, Willem Wandik di Puncak, Jumat 16 Oktober 2020./Foto-ist.
banner 468x60

PUNCAK IP,- Anggota Komisi I DPR RI, Yan Permenas Mandenas, melanjutkan kunjungan kerjanya ke Papua, dengan menijau perkembangan pembangunan infrastruktur telekomunikasi di Kabupaten Puncak, Jumat (16/10/2020), dengan membawa rombongan yang terdiri dari BAKTI KOMINFO dan perusahaan yang melaksanakan pekerjaan Palapa Ring.

Anggota Komisi I DPR RI, Bidang Kominfo, Yan Permenas Mandenas, mengatakan pihaknya terus mendorong Kementerian Kominfo untuk mempercepat pembangunan akses telekomunikasi di seluruh daerah 3T (daerah tertinggal, terdepan dan terluar), baik Papua maupun di wilayah Indonesia lainnya.

banner 325x300

“Dalam era digitalisasi, kalau Indonesia sendiri tidak bisa mempercepat pembangunan infrastruktur telekomunikasi dan akses internet melalui layanan jaringan yang tersedia, maka kita tidak menjadi negara yang terus berkembang,” ungkapnya.

Yan Mandenas mengungkapkan khusus untuk Papua yang merupkan daerah 3 T, untuk itu tahun 2021 pekerjaannya sudah harus melengkapi jaringan infrastruktur telekomunikasi yang disediakan BAKTI KOMINFO dan penyedia jasanya PT Palapa Timur Telematika (PTT).

“Maka dari itu kunjungannya ke Papua, salah satunya meninjau sudah sejauh mana perkembangan pembangunan infrastruktur jaringan komunikasi yang dikerjakan PTT,” katanya.

Yan Mandenas menambahkan, kali ini daerah Kabupaten Puncak menjadi lokasi yang selanjutnya dilihat perkembangan pembangunan yang dilakukan oleh PTT.

“Kami memilih Kabupaten Puncak sebagai sasaran untuk dikunjungi agar menjadi satu barometer khusus bahwa jika daerah yang sulit bisa dibangun maka ini adalah keberhasilan pemerintah,” katanya.

Menurut Yan, pembangunan inilah yang diinginkan pemerintah dalam hal pemerataan di seluruh wilayah Indonesia termasuk Papua.”Yakni untuk menata kebijakan dalam rangka mempercepat pembangunan akses telekomunikasi dan jaringan internet di daerah-daerah 3T. Sehingga masyarakat di Papua khususnya di daerah pegunungan ini dengan mudah mendapat akses komunikasi,” ujarnya.

Senada dengan Yan Permenas Mandenas, Bupati Puncak Willem Wandik mengatakan pihaknya mengapresiasi dan menyampaikan terima kasih atas kunjungan rombongan Komisi I DPR RI kaitannya dengan percepatan pembangunan akses telekomunikasi.”Apalagi dengan membawa Yayasan Bakti, PT Telkom Witel Papua untuk melihat langsung kondisi komunikasi di Kabupaten Puncak,” katanya.

Dia menambahkan pihaknya mengharapkan dengan kehadiran tim dan rombongan Komisi I DPR RI ini dapat melihat secara langsung persoalan telekomunikasi serta ketersediaan jaringan internet di Kabupaten Puncak.(redaksi)

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *