banner 728x250 banner 728x250 banner 728x250

Ini Harapan Warga Puncak di HUT RI ke 75

Anak-anak SD, saat upacara hut RI ke-75,di Lapangan Trikora Ilaga, Senin,17 Agustus 2020/Foto-Diskominfo Puncak.
banner 120x600
banner 468x60

ILAGA IP, -sebagai Kabupaten tertinggi di Indonesia,  Pemerintah dan warga Kabupaten Puncak berharap  kepada  Pemerintah pusat,  agar makna Indonesia maju dalam momentum HUT kemerdekaan Indonesia ke-75 kali ini,

DimanaPemerintahpusat lebih giat lagi mengedepankan pembangunan bagi daerah terpencil,terluar,tertinggal atau disebu tdaerah 3T, terutamau ntuk pembangunan sarana telekomunikasi atau palapa ring,untukmenunjangsaranainformasi dan tehnologi,sertainfratrukturJalan trans Papua, lapanganterbang, dan sertapembangunankelistrikan.

banner 325x300

Hal ini diungkapkan, Bupati Puncak Papua Willem Wandik,SE,M.Si, usai menjadi Inspektur Upacara,pada PeringatanUpacaraHUT Kemerdekaan RI ke-75 di LapanganTrikora,Ilaga, KabupatenPuncak Papua,Senin,17 agustus.

Upacara hut 17 Agustus sendiri digelar dalam suasana covid-19, dihadri oleh forkompinda Kabupaten Puncak, dengan Inspekturupacara Bupati Puncak Willem Wandik,SE,M,Si,sehinggasemarakperayaanhut Kemerdekaan RI ke-75 tidak sama seperti tahun-tahunsebelumnya,

 “Magna Indonesia maju pada peringatan Dirgahayu republic Indonesia ke-75 Tahun ini, Kami dari Kabupaten Puncak dan daerah-daerah yang tergolong dalam daerah 3T,yang paling penting adalah pembangunan palapa ring, infratruktur jalantrans Papua,sangat penting sekali, dengan adanya daerah-daerah ini dibuka maka daerah-daerah yang awalnya terbelakang, maka dengan adanya jalan,pastiakan adaa daperubahan, ,”ujarnya.

Sejauhini, di Kabupaten Puncak, untuk fasilitas internet masih terbatas, dari 25 Distrik, hanya tigaDistrik yang tersedia fasilitas internet, yakni Ditrik Ilaga Ibu Kota Kabupaten, dan Distrik Beoga dan sinak, sementara lainnya belum dijangkau fasilitas telekomsel apalagi internet

SementaraKhususuntuk Jalan Trans Papua, pembangunan jalan sudah tembus dari Paniai, Intan Jaya dan tembusI laga melalui Distrik beoga, hanya sampai saat ini belum bias dimanfaatkan karena masih perlu peningkatan jalan,begitu juga jalan dari Wamena, ke Puncak Jaya, lalu ke Kabupaten Puncak melalui Distrik Sinak,belum rampung, sehingga belum bias digunakan.

“Padahal jika dua jalur jalan trans Papua ini sudah selesai, maka akses jalan darat terbuka, dengan sendirinya perekonomian maupun harga barang menjadi tidak mahal, karena selamai ni jalurs atu-satunya ke KabupatenPuncak, menggunakan jalur transportai udara,” ungkapnya.

Lanjut Bupati, apa yang sudah dikerjakan  oleh Presiden Joko Widodo, sejak periode pertama, agar tetap dilanjutkan pada periode kedua, sehingga makna Indonesia maju pada hut ke-75 ini, bias dirasakan oleh seluruh rakyat Indonesia.

 “Perkembangan kemajuan saat ini begitu cepat, detik dan menit, bagaimana dengan daerah-daerah tertinggal ini,bagaimana, apalah mereka tetap tertinggal, sehingga kami minta pembangunan palapa ring,untukmenunjang informasi dan tehenologi,dilanjutkan,begitu juga pembangunanjalan, listrik dan lapanganterbang,”tambahnya.

Meskibegitu, Bupati mengakui bahwa di usia ke-75 Tahun ini,pembangunan sudah ada di Kabupaten Puncak banyak hal sudah terjadi, sejak dimekarkan hinggausia 12 tahun, tidak ada menjadi ada,buktinya adalah Pendidikan,kesehatan,birokrasi.

 “Kita harusakui bahwa negara sudah hadir di daerah Puncak, buktinya pesawat bias satu hari saja bisa 20-30 lebih pesawat ada disini, berbeda dengan tahun-tahun sebelum dimekarkan, bias satu bulan baru pesawat hadir, ini bukti Negara sudah ada,”tukasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati juga menyerahkan bantuan Mobil ambulance kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Puncak, Mobil kesehatan ini dilengkapi dengan fasilitas perawatan dalam mobil, mobil ini sebagai bentuk dukungan pemerintah, guna penanganan kepada pasien covid. (KominfoPuncak)

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.