Kabupaten Puncak Berganti nama jadi Puncak Papua

Ketua DPRD Puncak Lukius Newegalen,S.IP, saat menyerahkan rancangan keputusan DPRD Puncak terkait persetujuan perubahan nama Kabupaten Puncak menjadi Kabupaten Puncak Papua, kepada Bupati Puncak Willem Wandik,SE.M,Si,di Hotel Horison Timika,Jumat,8 Juli.
banner 468x60

TIMIKA Infopapua.id ,- Kabupaten Puncak,yang beribukota di Ilaga,akhirnya disetujui oleh DPRD Kabupaten Puncak menjadi Kabupaten Puncak Papua,perubahan nama ini ditetapkan dalam rapat paripurna tentang persetujuan perubahan nama Kabupaten Puncak,di Hotel Horison Timika,Jumat,8 Juli.

Rapat tersebut dipimpin oleh Ketua DPRD Puncak Lukius Newegalen serta wakil ketua dan para anggota Dewan,serta dihadiri oleh Bupati Puncak Willem Wandik,serta sekda dan asisten dan pimpinan OPD.

banner 325x300

Ketua DPRD Lukius Newegalen menjelaskan  perubahan nama ini merupakan sejarah baru bagi Kabupaten Puncak,sejak dimekarkan dari Kabupaten induk Puncak Jaya 2008 lalu,artinya sudah 14 tahun,menggunakan nama Kabupaten Puncak, dan akhirnya resmi dirubah menjadi Kabupaten Puncak Papua.

Kata kader Gerindra ini, Perubahan ini secara sosiologi merupakan aspirasi masyarakat kepada Pemerintah daerah,sehingga direspon oleh DPRD,dan akhirnya DPRD melakukan pengkajian dan akhirnya menyetujui perubahan nama menjadi Kabupaten Puncak Papua.

“Kita setujui perubahan nama dari Kabupaten Puncak menjadi Kabupaten Puncak Papua,”Katanya.

Sementara itu,Bupati Puncak Willem Wandik mengatakan penyesuaian nama ini bertujuan untuk mempertegas dan membedakan penyebutan nama Kabupaten Puncak dengan nama-nama Kabupaten lain yang hampir mirip dengan nama kabupaten Puncak,sebab nama Puncak itu masih umum,bisa saja Puncak bogor,dan juga Puncak Trikora,dll,sehingga kadang orang bingung dengan posisi nama Kabupaten Puncak, dengan demikian dengan adanya perubahan nama ini menjadi Kabupaten Puncak Papua,maka sudah lebih khusus ke Kabupaten yang ada di Provinsi Papua.

“Pengalaman kita,Biasanya orang diluar Papua sebut saya Bupati Puncak Jaya,padahal dalam kenyataan kami dari kabupaten Puncak,makanya kita tamba menjadi Puncak Papua,sehingga membedakan dengan Kabupaten lain,dan ”ungkapnya.

“Bukan saja kami di Kabupaten Puncak, ada beberapa daerah yang juga sudah lebih duluh pernah merubah nama, sehingga proses selanjutnya setelah penetapan perubahan nama kabupaten oleh DPRD,akan dikonsulitasikan ke Provinsi,selanjutnya ke Kemendagri,untuk penomoran masuk dalam lembaran Negara untuk disahkan menjadi kabupaten Puncak Papua,”tambahnya.

Dengan perubahan nama tersebut,dirinya menyampaikan terimah kasih kepada DPRD Kabupaten Puncak, yang sudah menyetujui perubahan nama ini,dengan adanya nama yang baru ini,maka diharapkan ke depan,sebutan Puncak papua bisa digunakan oleh masyarakat,dan Kabupaten Puncak papua akan lebih dikenal lagi,dan pembangunan juga bisa berjalan dengan baik.(diskominfo Puncak)

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *