Bupati Wandik Ingatkan Mahasiswa, Dana Beasiswa Bukan Ajang Bagi- Bagi Uang

Bupati Puncak Willem wandik, SE. M. Si, didampingi asisten bidang ekonomin sekda kabupaten Puncak Ir, Darwin Tobing, saat berpose bersama pengurus komonitas mahasiswa dan pelajar puncak se jayapura, saat Musyawarah besar di Perumnas 1 Waena, Selasa, 30 November.
banner 468x60

Jayapura Infopapua.id – Bupati Puncak Willem Wandik, SE. M. Si menegaskan penyaluran beasiswa kepada mahasiswa asal Kabupaten Puncak,bukan ajang bagi- bagi uang kepada mahasiswa, namun harus diikuti dengan sistem pertanggungjawaban oleh mahasiswa kepada pemerintah daerah secara akuntabel,terutama data kuliah.

Hal tersebut disampaikan saat membawa materi pada musyawarah besar (Minta) Komunitas mahasiswa pelajar Puncak (KMPP) se-Jayapura IV, di Perumnas 1 Waena,Kota Jayapura, Selasa,30 november.

“Selama ini Pemda kirim beasiswa langsung rekening mahasiswa,sehingga ada kesan dari mahasiswa bahwa dana beasiswa itu hanya bagi bagi uang, dan mahasiswa asal kuliah saja, waktu lama di kampus,padahal mahasiswa harus tahu ini uang negara, harus ada pertanggungjawaban yang baik dari mahasiswa kepada pemerintah daerah, “ujar Wandik

Pertanggungjawaban yang dimaksud kata Wandik, adalah data semester, data nilai, data kampus tempat kuliah, termasuk data penduduk yang menyatakan bahwa mahasiswa tersebut benar-benar asal dari Kabupaten Puncak.

“Oleh sebab itu, pemerintah daerah puncak dalam penyaluran beasiawa saat ini, Pemda Puncak akan menggunakan aplikasi penyaluran beasiswa berbasis elektornik,ini hanya untuk membantu mahasiswa, mengontrol mahasiswa apakah benar dia kuliah, kapan selesai, kami akan transfer biaya kuliah langsung ke kampus,sistem ini sementara sedang disosialisasikan juga,”ungkapnya

Lanjut Bupati, saat ini, sistem penyaluran dana otonomi khusus periode kedua, akan langsung ditransfer ke pemerintah Kabupaten dan Kota, ini tentu menjadi angin segar juga bagi mahasiswa,sebab pemerintah akan menyalurkan beasiswa tepat waktu.

“beasiswa ini untuk meringankan biaya kuliah, sehingga harus dimanfaatkan dengan baik,kami akan bertanggungjawab kepada beasiswa mahasiswa dan mereka juga harus bertanggungjawab soal data kepada kami, sebab ini uang negara,” terangnya

Menurutnya, Pemda Puncak dalam penyaluran beasiswa saat ini, akan menggunakan aplikasi penyaluran beasiswa berbasis data elektronik, bekerja sama dengan PT. Bank Papua yang akan berintegrasi dengan data mahasisewa di kampus tempat study, ini dilakukan Guna mencegah tumpang tindih data Mahasiswa.

” Aplikasi ini secara gamblang akan mendata seluruh mashasiswa yang menjalakan studi di seluruh Indonesia tanpa terkecuali,aplikasi ini merupakan trobosan Pemda puncak untuk menyelesaikan persoalan dalam penyaluran beasiswa bagi mahasiswa,”imbuhnya

“Dengan adanya aplikasi ini, maka secara otomatis data mashasiswa Puncak di seluruh Indonesia akan terdata, selain itu juga memanilisir permainakn oknum-oknum tidak bertangungjawab,” bebernya.

Disamping itu kata Bupati, aplikasi ini juga akan sinergi dengan beberapa kabupaten tetangga, seperti Puncak Jaya, Nduga, Mimika, Nabire guna mencegah dobel nama mahasiswa.
Untuk diketahui, Sejak menjabat Bupati 2013 lalu, Willem Wandik mengatakan program unggulan dirinya adalah menciptakan masyarakat Puncak yang cerdas, sehingga dalam setahun saja anggaran yang diberikan untuk beasiswa mencapai Rp.20 Miliar dari APBD Puncak.(Diskominfo puncak)

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *