Dinilai Bawa Perubahan, Tokoh Suku Besar Arfak minta sosok Paulus Waterpauw pimpin Papua Barat 10 tahun Lagi

banner 468x60

PEGUNUNGAN ARFAK, Peresmian PLTMH (Pusat Listrik Tenaga Mikro Menengah) Anggi, Pegunungan Arfak di awali dengan prosesi adat suku besar Arfak dalam penyambutan Penjabat Gubernur Papua Barat, Komjen Pol (Purn) Drs. Paulus Waterpauw. M.Si dan Ibu Penggerak PKK, Roma Megawanty, S.Kom,.M.Si oleh Kepala Suku Besar, Lasarus Indow.

Proses Adat ini dengan pengalungan Kain Timor dalam Noken kepada Paulus Waterpauw yang membuat Istri, Roma Megawanty terharu hingga menitikkan air mata, sambil memberikan rasa hormat kepad bapak Lasarus Indow “bapa memberikan kain ini saya mengerti, makanya saya terharu, trimakasih ya pak” ucap Roma Megawanty sambil menangis menitikkan air mata.

banner 325x300

Sebelum mengalungkan Kain Timor dalam Noken, Lasarus Indow sebagai kepala Suku Besar Arfak menyatakan terimakasih kepada Paulus Waterpauw karena dalam memimpin satu tahun Provinsi Papua Barat, banyak pembangunan yang sudah di rasakan oleh rakyat, ” banyak trimaksih pak, bapa pimpin provinsi Papua Barat selama 1 tahun, percikan pembanguan trus kami rasakan, kami kasi kain Timor dalam Noken, kami ucapkan terimakasih” ucapnya dalam prosesi adat.

Lasarus Indow juga berharap Sosok Kaka Besar Paulus Waterpauw bisa memimpin Papua Barat 10 tahun ke depan, ” impian kami bahwa kedepan 10 tahun ada seorang sosok seperti bapak akan pimpin Papua Barat ini, bapa akan membangun, hingga ada percikan pembangunan di Pegunungan Arfak di atas selembar Kain Timor melalui adat Arfak” tambahnya.

Paulus Waterpauw dalam sambutannya, menyatakn trimakasih kepada Suku Besar Arfak, bapak Lasarus Indow, yang telah membantu pemerintah menyerahkan tanahnya untuk pembangunan PLTMH di Anggi, Pegunungan Arfak, sehingga pembangnan ini bisa di resmikan demi pelayanan yang maksimal kepada masyarakat di Anggi dan Pegunungan Arfak lainnya.

” pertama-tama saya ucapkan kepada pak Lasarus Indow yang memberikan tanahnya untuk di pergunakan dalam pembangunan PLTMH ini, ini hal yang baik yang perlu di contok oleh tokoh-tokoh adat lainnya” dalam sambutannya.

Gubernur Waterpauw juga meminta perhatian pemerintah Kabupaten Pegunungan Arfak dan seluruh masyarakat untuk memanfaatkan dan memelihara asset ini bersama PT. PLN yang akan mengoperasikannya agar pemanfaatannya lebih lama dan membawa kesejahteraan serta peningkatan ekonomi masyarakat yang lebih baik.”Pembangunan infrastruktur kelistrikan juga dalam rangka meningkatkan rasio elektrifikasi Provinsi Papua Barat serta kebijakan untuk memperkuat ketahanan energi daerah,”tambahnya.

Peresmian Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) di Anggi 150 Kw di desa Upperc Kabupaten Pengunungan Arfak, Rabu (7/6/2022) dihadiri Ketua TP PKK Papua Barat Ny. Roma Megawanty. S.Kom. M.Si, Bupati Pegunungan Arfak Yosias Saroy, Wakil Bupati Marinus Mandacan , Direktur PLN Papua Barat Budiono para tokoh adat dan pemilik hak ulayat.

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *