Sosok Ipda Merlyn, Dokter Polwan Damai Cartenz yang Tembus Sarang KKB

Sosok Ipda Merlyn dokter Polwan Damai Cartenz yang tembus sarang KKB. [Foto: Humas Polda Papua]
banner 468x60

JAYAPURA, INFOPAPUA.ID – Dokter Egenesia Merlyn Suarlembit tidak menyangka saat mengajukan diri ikut bagian dari Satgas Operasi Damai Cartenz 2023 diterima. Ia merupakan satu-satunya polisi perwira wanita (polwan) yang  masuk ke wilayah Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB).

Sebelumnya juga ada dokter yang ikut Satgas Damai Cartenz 2022, namun semua adalah dokter polisi laki-laki. Merlyn juga tidak terlalu berharap dapat bergabung dengan kondisi Papua yang sedang tidak kondusif karena banyak kasus kekerasan oleh KKB.

banner 325x300

“Tapi tahu-tahu saya diterima untuk masuk ke Operasi Damai Cartenz , saya kaget juga waktu dikirim kan sprint (surat perintah) dari Mabes Polri, saya lihat di sprint itu ternyata saya sendiri yang dokter Polwan dan saya ditemani rekan-rekan saya dokter laki-laki juga ada tiga orang. Tapi mereka di tempat yang berbeda,” bebernya kepada wartawan, Rabu (8/3/2023).

Selama penugasan, perempuan berdarah Maluku itu berada di Posko Jayapura. Namun ketika ada penugasan, Merlyn selalu berpindah-pindah tempat baik di Intan Jaya, Lanny Jaya, Yahukimo dan wilayah lainnya yang merupakan rawan konflik dengan KKB.

“Mungkin kita tidak tahu kapan ada kontak, kapan nanti ada serangan dan sebagainya dari pihak KKB. Jadi setiap perjalanan pasti ada rasa khawatir dan selalu waspada, itu saja sih,” ucap Merlyn.

Selama bertugas di lapangan, Merlyn mengaku selalu menggunakan rompi dan helm anti peluru. Ketika berada di tempat yang kondusif, Merlyn akan berbaur dengan masyarakat dan memeriksa kesehatan mereka.

Merlyn mengaku sempat canggung karena berada dalam barisan Pasukan Damai Cartenz yang semuanya laki-laki. Namun selama hampir 3 bulan bertugas sudah bisa menyesuaikan. “Karena kapan lagi saya dikasih kesempatan untuk ikut Operasi Damai Cartenz 2023. Mungkin pengalaman sekali seumur hidup,” akunya. (Redaksi)

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *