BNPB Sumbang Rp.1 Miliar Untuk Penanganan Gempa di Kota Jayapura

banner 468x60

JAYAPURA iNFOPAPUA.ID,- Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyerahkan bantuan sebesar Rp1 miliar guna percepatan penanganan darurat gempa 5,4 magnitudo di Kota Jayapura, Papua.

Bantuan tersebut diserahkan secara simbolis kepada Pemerintah Kota Jayapura, Papua di RSUD Jayapura, Sabtu, 11/2/2/2023.

banner 325x300

Deputi Bidang Penanganan Darurat BNPB Mayjen TNI Fajar Setyawan di Jayapura, Sabtu, mengatakan bantuan sebesar Rp1 miliar meliputi Dana Siap Pakai (DSP) sebesar Rp750 juta dan bantuan logistik peralatan senilai Rp250 juta serta santunan kepada ahli waris para korban.

“Selain itu kami juga akan menyerahkan bantuan selimut 3.000 lembar dan matras 3.000 lembar serta lima unit tenda yang saat ini dalam proses pengiriman untuk penanganan bantuan gempa di Jayapura,” katanya

Menurut Setyawan, DSP sebesar Rp750juta akan digunakan untuk operasional oleh TNI dan Polri serta instansi terkait penanganan bencana gempa di Kota Jayapura.

“Kami juga segera melakukan asesmen terhadap bangunan-bangunan yang terdampak sehingga diketahui bangunan yang layak untuk ditempati seperti RSUD Dok II Jayapura agar segera bisa ditempati sehingga pelayanan bisa berfungsi sebagaimana mestinya,” ujarnya.

Dia menjelaskan saat ini kondisi sudah mulai kondusif dan cukup terkendali karena penanganan dan pendampingan yang dilaksanakan Pemerintah Kota Jayapura sejak terjadi gempa pada Kamis, 9/2/2023

Dia menambahkan pihaknya merasa perlu untuk memastikan sekaligus melakukan pemantauan dan pendampingan agar penanganan bencana berjalan optimal.

“Kami berharap media masa juga dapat memberikan pemberitaan yang baik agar masyarakat tidak panik,” katanya lagi.

Sementara itu, Penjabat Wali Kota Jayapura Frans Pekey mengatakan pihaknya menyampaikan terima kasih kepada BNPB dalam pemberian bantuan percepatan penanganan bencana gempa.

“Kami akan menggunakannya dengan optimal sehingga dalam penanganan bencana tim tanggap darurat berjalan maksimal,” katanya.

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *