Melalui Ibadah Gerbang Natal, Warga Puncak siap sambut Natal dengan damai

:suasana ibadah gerbang natal antara Pemerintah dan masyarakat Kabupaten Puncak, Provinsi Papua Tengah, di Lapangan Trikora,Ilaga, Kamis,1 Desember.
banner 468x60

ILAGA Infopapua.id- Menyambut hari raya Natal dan tahun baru 25 Desember,seluruh warga Kabupaten Puncak Papua,Provinsi Papua tengah,diharapkan menyiapkan hati,untuk menyambut hari kelahiran Tuhan Yesus,sang raja damai, dengan bersyukur dan merayakan dengan hati yang damai dan penuh sukacita,tanpa ada gesekan,ada kekacauan,atau bunyi senjata.

Demikian hal tersebut disampaikan oleh Pdt.Dr.Hans Wakerkwa,M.Si, selaku Ketua GKII Wilayah II Pegunungan Tewngah Papua,usai menjadi pengkhotbah pada ibadah gerbang natal antara pemerintah Kabupaten Puncak dan masyarakat, di Lapangan Trikora Ilaga, Kabupaten Puncak,Kamis,1 Desember.

banner 325x300

Untuk diketahui, acara gerbang natal ini,dihadiri hampir 5000 lebih warga dari berbagai dedominasi gereja di Ilaga,termasuk mesjid,dihadiri Bupati Puncak Willem Wandik,bersama dengan ketua TP PKK Kabupaten Puncak Elpina K Wandik,PLT.Sekda Puncak darwin Tobing, dan Kapolres Puncak dan Kasdim, dirayakan dengan penuh hikmat,bertindak sebagai pembawa firman adalah Pdt.Dr.Hans Wakerkwa,M.Si, selaku Ketua GKII Wilayah II Pegunungan Tewngah Papua,yang menariknya juga dilakukan doa berantai dari dedominasi gereja maupun dari Muslim.

“Keamanan itu yang sangat kami harapkan,sehingga bulan natal ini,kita rayakan dengan penuh hikmat,tanpa ada gesekan,ada kecauan ada bunyi senjata,  jangan kotori natal ini dengan aksi-aksi tersebut,sebagai pimpinan gereja saya mengajak kita untuk kita siapkan hati, dengan  damai sejahtera,sehingga memasuki natal dengan penuh hikmat, kemudian kalau ada masalah-masalah keluarga,suku,adat,menahan diri dulu,sehingga bisa memasuki natal dengan damai,”ungkap Pdt.Dr.Hans Wakerkwa,M.Si, selaku Ketua GKII Wilayah II Pegunungan Tewngah Papua.

Kata pria asli Kabupaten Puncak ini, sebagai pimpinan gereja dirinya bersyukur karena ada ibadah gabungan gerbang natal secara oikumene  antara Pemerintah Kabupaten Puncak dan masyarakat,bahkan melibatkah seluruh dedominasi agama di kabupaten Puncak, mereka kumpul bersama,mendoakan agar kabupaten Puncak tetap dalam kondisi aman,sampai memasuki natal dan tahun Baru 1 Januari 2023,baik dari gereja Kingmi,gereja Kemah Injil Wilayah,maupun dari gereja Katolik dan GKI,bahkan Umat muslim.

“Semua yang hadir dalam ibadah gerbang natal ini, semua bergendengan tangan menaikan doa,keinginanya hanya satu agar Tuhan memulihkan Kabupaten Puncak ini menjadi aman, harapannya dengan natal gabungan,kondisi di Kabupaten Puncak tetap aman, sehingga umat Kristen memasuki dan merayakan natal medengan penuh sukacita, penuh berkat dan penuh damai,”tambahnya.

sementara itu,Bupati Puncak Willem Wandik,begitu gembira meyambut terlaksananya ibadah gerbang natal ini,apalagi dilihat dari antusias masyarakat mengikuti ibadah cukup besar.Katanya,tujuan digelar ibadah gerbang natal adalah mengawali kegiatan menjelang natal 25 desember nanti,artinya dengan ibadah ini mulai menghadirkan suasana natal di Kabupaten Puncak.

“Kita awali terlebih dahulu di Kabupaten Puncak, dengan ibadah gerbang natal antara pemerintah dan masyarakat,agar ada suasana natal bisa terlihat di Kabupaten Puncak, setelah ibadah gerbang natal ini,masyarakat sudah bisa menyiapkan suasana natal,akan ada natal gereja,klasis,pemuda,kerukunan,sampai dengan Puncaknya 25 Desember nanti,”jelas kader PDIP Provinsi Papua ini.

Kata Bupati dua periode dari PDIP Papua ini,ibadah gerbang natal ini juga dilaksanakan tujuan adalah situasi di Ilaga,hampir ditahun 2022 ini, banyak terjadi peristiwa penembakan yang membuat suasana umat digereja, masyarakat, belum ada rasa kedamaian,masih ada trouma,sehingga dengan digelarnya ibadah gerbang natal,menjadi awal kehadiran Tuhan di Ilaga,masyarakat sudah bisa siap menyambut natal dengan sukacita.

“supaya semua masyarakat bisa menyiapkan hati dengan damai memasuki natal,kita juga akan lakukan pembersihan puing-puing bangunan yang terbakar di Ilaga, bahkan dalam kesempatan ini saya himbau agar warga jemaat mulai menghiasi gerejanya,rumahnya,kita sambut natal dengan sukacita dan damai,”ajaknya.

Ibu PLT gubernur Papua tengah Ibu. Ribka Haluk juga ikut menyapa warga puncak, selamat memasuki natal dengan gembira dan damai, beliau berharap suatu ketika membuat natal dgn warga kabupaten puncak.demikian pesan melalui Bupati,

Sementara itu, Bupati Wandik juga menyampaikan pesan dari Penjabat Gubernur Papua Tenggah, Ribka Haluk yang berharap suatu saat bisa merayakan Natal bersama warga Puncak.

“Ibu Penjabat Gubernur juga menyapa warga puncak, selamat memasuki natal dengan gembira dan damai, beliau berharap suatu ketika membuat natal dengan warga kabupaten puncak,” kata Bupati Wandik.

Ketua Panitia Emus Wonda menambahkan Untuk menyambut gerbang natal ini juga telah dilaksanakan berbagai perlombaan diprakarsasi oleh Ketua TP PKK Kabupaten Puncak Ibu.Elpina K Wandik,diantara pertandingan Bola Volly, lomba balap karung dan kelereng dan tarik tambang serta lomba masukan pensil ke dalam botol,ada juga lomba make up dengan ketentuan pasangan suami istri,lomba makan kerupuk bagi anak-anak,lomba sambung kata dan air,yang diikuti oleh masyarakat dan anak-anak dengan begitu gembira,membuat suasana di Kabupaten Puncak khususnya di ibu Kota Kabupaten Puncak begitu ramai.

Kapolres Puncak Kompol I Nyoman Punia juga tak mau ketinggalan memberikan komentarnya,dirinya begitu gembira melihat terlaksananya ibadah gerbang natal, karena dari dari antusias masyarakat Puncak yang datang ikut ibadah cukup banyak, membuktikan masyarakat mengingingkan adanya kedamaian, sehingga mereka bisa memasuki natal dengan aman dan damai.

“Bahkan Polri-TNI juga siap untuk mendukung program Bupati,yaitu pembersihan puing-puing bangunan,bekas kebakaran beberapa waktu lalu,yang direncanakan akan dilaksanakan bersama Pemkab,Senin,pekan depan,supaya suasana natal benar-benar terasa di daerah ini,kita harus jaga kedamaian,biar natal dan tahun baru, semua rayakan dengan penuh kegembiraan dan sukacita,”tambahnya.(Diskominfo Puncak)

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *