Sekda Puncak Papua Resmikan Gedung Baru Puskemas Ilaga

PLT.Sekertaris Daerah Kabupaten Puncak Papua Ir.Darwin Tobing,MM,saat mewakili Bupati Puncak Papua,didampingi oleh kadis Kesehatan Kabupaten Puncak Demus Wonda,saat meresmikan gedung baru Puskesmas Ilaga,di Ilaga,Selasa,24 Agustus,kemarin.
banner 468x60

ILAGA Infopapua.id, -Kabupaten Puncak Papua terus membenah diri terutama di bidang pelayanan kesehatan, ini terbukti dengan diresmikannya gedung baru hasil renovasi Puskemas Ilaga yang sebelumnya telah ada.

Puskemas ini nantinya dimanfaatkan sebagai puskesmas rawat jalan oleh warga Kabupaten Puncak Puncak Papua yang kesehatannya kurang baik.Demikian hal tersebut disampaikan oleh PLT.Sekertaris Daerah Kabupaten Puncak Papua Ir.Darwin Tobing,MM,saat mewakili Bupati Puncak  Papua,saat meresmikan gedung baru Puskesmas Ilaga,di Ilaga,Selasa,24 Agustus,kemarin.

banner 325x300

“Gedung ini hanya untuk rawat jalan, nanti pengelola atau staf di Puskemas Ilaga ini bisa bekerja sama,bersineregi,untuk saling mendukung sesuai dengan fungsi masing-masing, sehingga masyarakat bisa mendapatkan peningkatan pelayanan kesehatan yang baik,”ungkap PLT.Sekda.

“Ternyata dalam pasien saat rawat jalan dan pasiennya di diagnosa untuk rawat inap,maka bisa dirawat di gedung Puskesmas lama,karena ada menyediakan ruang rawat inap,”tambahnya.

Dalam kesempatan tersebut,PLT Sekda juga menghimbau agar seluruh ASN maupun tenaga medis,secara keseluruhan di Kabupaten Puncak Papua,secara khusus di Ilaga,untuk kembali ke tempat tugas untuk melaksanakan tugas, karena situasi di Kabupaten Puncak sudah kondusif,terbukti dengan pelaksanaan upacara HUT Bendera 17 Agustus maupun sejumlah kegiatan lomba di Kabupaten Puncak Papua.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Puncak Papua Demus Wonda menambahkan di Kabupaten Puncak Papua sendiri sudah memiliki Rumah Sakit Umum Daerah tipe D Pratama oleh bantuan Pemerintah pusat melalui dana alokasi Khusus (DAK),dan manejemen sampai dengan fasilitas kesehatan sudah sangat siap untuk dimanfaatkan, hanya saja rumah sakit tersebut jaraknya hanya agak jauh dari pusat kota,di bawah perbukitan Tanjakan Lapas, sehingga operasionalnya belum bisa dilaksanakan,karena faktor keamanan,apalagi beberapa waktu lalu,ternjadi berbagai peristiwa penembakan hingga penikaman yang menyebabkan tukang ojek tawas.

“Sehingga operasional dokter,tenaga medis,laboraturium, yang di RSUD Ilaga,  sementara dialihkan ke Puskemas Ilaga, nantinya kemudian hari jika faktor keamanan sudah kondusif,maka rumah sakit umum daerah Kabupaten Puncak Papua bisa segera dioperasionalkan,”katanya.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Kabid Penunjang Medis RSUD Ilaga, Egi Ulukyanan,S.KM ia menabahkan ruang Rawat Inap gedung lama di  di Puskemas Ilaga sendiri,memiliki daya tampung pasien rawat inap bisa mencapai 10-12 orang,untuk itu dalam pelayanannya, untuk rawat inap hanya dikhususkan untuk pasien yang benar-benar dirawat atau sudah parah.

“Untuk pasien kami diagnosa masih bisa aktivitas,maka kami arahkan di puskemas rawat jalan saja, jika nantinya keadaan keamanan di Kabupaten Puncak Puncak Papua sudah benar-benar Kondusif,maka kami akan kembali melakukan atau membuka kegiatan pelayanan ke rumah sakit umum daerah yang sudah selayaknya disiapkan oleh pemerintah untuk perawatan medis,”jelasnya.(diskominfo Puncak Puncak Papua)

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *