Tekad Sohilait Satukan Warga Maluku Se -Tanah Papua

Ketua Ikemal Papua dan Papua Barat, Christian Sohilait saat diwawancari usai proses pemilihan di Jayapura, Jumat (2/19/2021)/Foto-redaksi.
banner 468x60

JAYAPURA IP ,- Setelah resmi terpilih sebagai Ketua Ikatan Keluarga Maluku (Ikemal) di tanah Papua dalam musyawarah pusat  ke III Ikemal pusat di tanah Papua,  Christian Sohilait  bertekad untuk menyatukan seluruh warga Maluku yang ada di Papua dan Papua Barat.

Christian Sohilait terpilih mengantikan Ellia Loupatty sebagai ketua Umum Ikemal periode sebelumnya. Christian Sohilait akan menjabat ketua Ikemal hingga 2026 mendatang.

banner 325x300

“Kita melakukan pendataan terhadap seluruh warga, Ikemal di Papua ini terdiri dari, Maluku Tenggah, Maluku Tenggara dan  Kepulauan Tanimbar, meskipun sekarang di Maluku ada sejumlah kabupaten baru tetapi semua terangkum dalam tiga wilayah besar ini,” ujar Sohilait usai Muspus Ikemal di Hotel Horison Kotaraja, Jumat  (19/2/2021).

Sohilait mengatakan Ikemal merupakan organisasi kemasyarakatan, sehingga  80 persen program naninya  adalah adalah program kemasyarakatan. “Hal pertama yang akan kita lakukan adalah, konsulidasi ke semua kabupaten kota, yang belum atau sudah selesai masa jabatan di Papua dan Papua Barat,” kata Sohilait

Sebagai Ketua Ikemal yang baru Sohilait  akan bergerak untuk menyentuh seluruh masyarakat Maluku yang ada di Papua dan Papua Barat. “Intinya bahwa, ketika ada masyarakat Maluku yang tidak tersentuh, maka ini saatnya untuk mereka,” tandas Sohilait.

Menurut Sohilait, kedatangan warga Maluku ke Papua sejak jaman dulu, adalah sebagai pendidik, kesehatan  maupun hamba Tuhan, sehingga antara Maluku dan Papua memiliki kedekatan emosional yang harus tetap dijaga hingga masa mendatang

“Orang-orang tua kita dulu datang ke Papua menjadi guru, hamba Tuhan, tenaga kesehatan, karena itu membuat kita ada ikatan emosional yang harus dijaga,” pungkas Sohilait. (redaksi)

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *