HUKRIM  

Dibangun Dua Lantai Mako Polres Tolikara Jadi yang Termegah di Pegunungan Papua

Mako Polres Tolikara/Foto-redaksi.
banner 468x60

TOLIKARA IP,- Setelah diresmikan oleh Kapolda Papua, Irjen Pol. Paulus Waterpauw, Mako Polres Tolikara kini jadi Polres termegah didaerah pegunungan tengah, bagaimana tidak, Mako Polres ini dibangun dua tingkat dengan arsistektur yang berbeda dengan Mako Polres lainnya di Papua.

Gedung  dua lantai dibangun dengan dana  RP .21 Miliar, yang diusulkan dari tahun 2018 dengan dan mulai  dibangun pada tahun 2019 yang direncanakan akan selesai pada November 2019, namun karena kondisi keamanan saat itu menyebabkan, proses pembangunan baru selesai  pada Januari 2020 namun mengalami keterlambatan lagi karena pandemi Covid-19.

banner 325x300

Adapun luas pembangunan Mako Polres Tolikara sebesar 775 Meter dan masih ada beberapa fungsi yang tidak bisa mendapatkan bangunan atau ruangan yaitu Satuan Sabhara, Narkoba dan Perencanaan.

“Kami juga telah mengusulkan pembangunan kepada pihak Polda untuk dapat memanfaatkan lahan sisa bangunan kantor, dan mudah-mudahan Januari 2021 pekerjaan itu dapat berjalan sesuai dengan yang dianggarkan oleh Biro Rena Polda Papua,” ujar Kapolres Tolikara, AKBP Y. Takamully  saat memberikan laporan dalam acara peresmian, Rabu (31/12/2020).

Saat ini kata Kapolres ,personel Polres Tolikara sebanyak 196 pers, 542 Kampung, 46 Distrik dengan jumlah penduduk kurang lebih 2,05 ribu. kami hanya memiliki 2 Polsek yaitu Polsek Karubaga dan Polsek Bokondini dengan kekuatan masing-masing sebanyak 14 Polsek dan 12 Personil Pospol Bokondini.

“Tahun 2020 ini tidak ada kejadian yang menonjol yang mengganggu kamtibmas di Wilayah Hukum Polres Tolikara. Saat ini pandemi covid-19 di Kabupaten Tolikara masih Zona Hijau dan masyarakat sangat antusias untuk mengatasinya,” ungkap Kapolres.

Wakil Bupati Kabupaten Tolikara, Dinus Wanimbo  memberikan apresiasi karena dalam tahun 2019 Kantor Polres Tolikara sudah dibangun ia yakin kantor ini akan bermanfaat untuk memberikan pelayanaan kepada masyarakat Tolikara sesuai dengan tupoksi dan tanggung jawabnya.

“Terbukti sampai hari ini pelayanan TNI-Polri dalam melayani masyarakat sangat luar biasa dimana Tolikara ini selalu aman. Sinergitas dalam melaksanakan tugas-tugas saya yakin sangat aman dalam menjaga sitkamtibmas dari wilayah-wilayah lainnya.” Ujarnya.

Kapolda Papua dalam kesempatanya mengatakan berharap agar Mako ini menjadi tempat yang nyaman, bersahabat dan menjadi tumpuan untuk menyelesaikan masalah-masalah masyarakat. Dan dapat memelihara bangunan dengan sebaik-baiknya.

 Pemeliharaan yang baik dan benar akan memberikan kenyamanan dalam bekerja serta akan memperpanjang pakainya yang tentu saja akan memberikan penghematan dalam penggunaan anggaran

“Jadikan setiap Kantor Polisi menjadi rumah bagi masyarakat dalam menyelesaikan setiap masalahnya. Oleh karena itu, tingkatkan pengetahuan, baik masalah hukum, adat istiadat, dan hukum agama serta alternatif pemecahan masalah nya sehingga akan sangat berguna dalam menyelesaikan setiap permasalahan yang ada di tengah masyarakat,” ujar Kapolda. (redaksi)

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *