Polresta Jayapura Canangkan WBK dan WBBM

Penandatanganan Spanduk Pembangunan Zona Integritas Satuan Kerja Polresta Jayapura Kota oleh Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D. Fakhiri S.IK/Foto-Ist
banner 468x60

jJAYAPURA IP,- Dalam rangka meningkatakn pelayanan publik, Polresta Jayapura Kota, melakukan pencanagan wilayah bebas korupsi (WBK) dan wilayah birokrasi BERSIH dan melayani (WBBM) melalui reformasi birokrasi, khususnya dalam pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik, yang dimpin langsung oleh Kapolda Papua, Irjen Pol. Matius. M. Fakhiri., Kamis 18 Maret 2021.

Kapolda Papua dalam kesempatannya mengatakan, Keberhasilan pembangunan zona integritas sangat ditentukan oleh kapasitas dan kualitas integritas masing – masing individu, yang mempunyai relevansi dalam peningkatan kapasitas dan kualitas integritas dari organisasi.

banner 325x300

“Dimana individu tersebut berada dan melakukan kegiatannya. untuk kita ketahui bersama, zona integritas adalah predikat yang diberikan kepada instansi Pemerintah, yang pimpinan dan jajarannya mempunyai komitmen untuk mewujudkan wilayah bebas korupsi (WBK) dan wilayah birokrasi BERSIH dan melayani (WBBM) melalui reformasi birokrasi, khususnya dalam pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik,” ujarnya

Kapolda mengatakan, berdasarkan peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 52 Tahun 2014 tentang pedoman pembangunan zona integritas menuju WBK dan WBBM di lingkungan instansi Pemerintah.

Hal ini berlaku juga buat Polri yang mana menjadi salah satu lembaga didalam Pemerintahan yang menjadi perhatian kita bersama, bahwa pencanangan pembangunan zona integritas adalah langkah awal dan bagian dari mensukseskan reformasi birokrasi, dengan melakukan penataan terhadap sistem penyelenggaraan pemerintahan yang baik, efektif, efisien, dan pelayanan prima (Clean Goverment dan Good Governance).

Pencanangan ini juga merupakan salah satu syarat dari penilaian mandiri reformasi kementerian pendayagunaan aparatur birokrasi yang diamanatkan oleh Negara dan reformasi birokrasi.

“Reformasi birokrasi yang menjadi komitmen seluruh institusi beserta Aparatur Pemerintah dan pelayanan Publik, dapat dinilai seberapa besar perubahan, mendasar yang dilakukan secara bertahap, yang diharapkan mampu membentuk karakter aparatur birokrasi secara pribadi maupun kelembagaan, yang pada akhirnya dampak positif dari perubahan tersebut dapat dirasakan oleh masyarakat,” terang Kapolda.

Hal ini dapat dimulai dengan upaya strategis organisasi yang Beretika dan Profesional. dengan demikian, melalui hal tersebut diharapkan setiap institusi dan Aparaturnya memiliki Akuntabilitas dan kualitas kinerja yang semakin baik, sehingga harapan publik terhadap pelayanan yang berkualitas, hasilnya tuntas dan terukur serta mudah diakses, dengan sendirinya akan terwujud.

Seperti yang kita ketahui bersama, ada 6 bidang dalam rangka pembangunan ZONA integritas, yakni, Bidang Manajemen Perubahan, Bidang Penataan Tata Laksana, Bidang Penataan Sistem Manajemen SDM, Bidang Penguatan Akuntabilitas, Bidang Peningkatan Pelayanan Publik daqn Penguatan Pengawasan.

Dalam Perkembangannya, 6 Bidang yang disebutkan diatas, sejalan dengan 16 program prioritas Kapolri yang bertujuan mewujudkan Polri yang Presisi yaitu Prediktif, Responsif, dan Transparansi Berkeadilan, serta Polri yang menjadi elemen penting bangsa untuk menjaga berdiri tegaknya demokrasi menuju Indonesia yang maju.

, Kegiatan Pencanangan Pembangunan Zona Integritas (ZI) Menuju Wilayah Bebas Dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) Satker Polresta Jayapura Kota diresmikan dan ditandai dengan penabuhan Tifa oleh Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D. Fakhiri S.IK.

Pembacaan Deklarasi Pencanangan Pembangunan ZI oleh Kapolresta Jayapura Kota Kombes Pol. Gustav R. Urbinas S.H.,S.IK.,M.Pd dan diikuti Pejabat Utama dan Para Perwira Polresta Jayapura Kota, dilanjutkan Penandatanganan Spanduk Pembangunan Zona Integritas Satuan Kerja Polresta Jayapura Kota oleh Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D. Fakhiri S.IK, serta penandatanganan Dokumen Pakta Integritas oleh Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D. Fakhiri S.IK. dan Kapolresta Jayapura Kota Kombes Pol. Gustav R. Urbinas S.H.,S.IK.,M.Pd.(Redaksi)

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *