HUKRIM  

Polisi Gagalkan Penyelundupan 65 Liter Miras Sopi di Jayapura

Barang bukti miras diamankan di Mapolsek KPL Jayapura, Rabu (15/3/2023). [Foto: Humas Polresta]
banner 468x60

JAYAPURA, INFOPAPUA.ID – Polsek Kawasan Pelabuhan Laut Jayapura berhasil menggagalkan penyelundupan 65  liter minuman keras lokal jenis sopi di Dermaga Pelabuhan Jayapura, Rabu (15/3/2023).

Kapolsek Kawasan Pelabuhan Laut (KPL) Jayapura AKP Rischard L. Rumboy mengatakan, 65 liter miras Sopi ini diselundupkan dengan menggunakan jasa buruh TKBM Pelabuhan Jayapura.

banner 325x300

“Jadi, seperti biasa kami lakukan tugas rutin yakni mengamankan arus penumpang turun dari kapal sekaligus melakukan razia terhadap barang bawaan penumpang yang dicurigai. Awalnya Personel kami mencurigai barang bawaan buruh TKBM bernama Andi dan saat diperiksa ditemukan miras,” ujar Rischard.

Kapolsek menjelaskan, miras ditemukan dalam barang bawaan yang dikemas dalam sebuah jeriken 5 liter, sebuah kantong plastik ukuran 20 liter dan 8 kantong plastik ukuran 5 liter. “Kami tanyakan di mana pemiliknya, namun oknum buruh tersebut sudah tidak bisa menemukannya karena pemilik barang sudah mendahului turun dari kapal,” katanya.

Menurut Kapolsek, penyelundupan miras lokal dengan menggunakan jasa buruh TKBM sudah kerap terjadi. “Pemilik tidak bersama barangnya melainkan memantau dari jauh, bila barang tersebut lolos maka akan diambil di luar pelabuhan, sedangkan bila tertangkap maka dengan mudah pun dia akan kabur meninggalkan lokasi kejadian,” ungkapnya.

Kapolsek menambahkan barang bukti miras saat ini telah diamankan di gudang Mapolsek KPL Jayapura untuk dimusnahkan pada momen besar seperti HUT Polri atau HUT Kemerdekaan RI hingga menjelang Natal atau Tahun Baru.

“Bila ingin bepergian menggunakan kapal, bagi para penumpang yang hendak naik atau turun dilarang keras membawa barang-barang terlarang, karena kami intens melakukan pencegahan di Pelabuhan Laut Jayapura,” tegas Rischard Rumboy. (Redaksi)

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *