HUKRIM  

Tokoh Intelektual dan Pemuda Desak Egianus Kogoya Lepas Pilot Susi Air

Pilot Susi Air Kapten Philips Mark Marthens saat disandera KKB pimpinan Egianus Kogoya. [Foto: istimewa]
banner 468x60

TIMIKA, INFOPAPUA.ID – Tokoh Intelektual dan Pemuda Mimika mendesak Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pimpinan Egianus Kogoya untuk membebaskan pilot Susi Air Kapten Philip Mark Marhtens.

“Pilot harus dikembalikan. Berharap ke pak Egianus harus balikkan, percuma tahan di hutan tidak ada artinya, kita berharap bisa dikembalikan,” kata Tokoh Intelektual Mimika, Yonias Kula kepada wartawan di Timika, Selasa (7/3).

banner 325x300

Yonias berharap pemerintah bisa bernegosiasi dengan baik dengan Egianus Kogoya. “ Egianus bukan siapa-siapa. Pihaknya bisa membantu untuk berkomunikasi agar KKB melepaskan Kapten Philip,” ucapnya.

Menurutnya, aksi kekerasan yang dilakukan KKB berdampak kepada aktivitas masyarakat yang ada di Kabupaten Nduga, Puncak dan Intan Jaya.

“Masyarakat yang ada di Kabupaten Nduga, Puncak dan Intan Jaya tidak bisa beraktivitas, karena permasalahan ini, mereka saat ini mengungsi ke Mimika, Nabire dan Jayapura,” ungkapnya.

Sementara itu, Tokoh Pemuda  Mimika, Agustinus Anggaiba menilai cara-cara Egianus Kogoya dengan menyandera pilot tidak dibenarkan. Ia meminta aparat melakukan negosiasi dengan melibatkan pemerintah daerah dan tokoh-tokoh pemuda, sehingga tidak ada korban baik dari TNI-Polri maupun sipil.

“Tentu ini pilot orang sipil ini tidak wajar, apa yang akan didapatkan kalau ditahan, kami akan sampaikan tentu jika dilibatkan, pilot pengaruhnya di mana? pilot ini bukan warga negara Indonesia, warga Selandia Baru tidak ada dampak positif,” kata dia. (Redaksi)

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *