HUKRIM  

Kapolda Papua: Kerusuhan Wamena Jadi Pelajaran Kita Semua

Kapolda Papua Irjen Mathius D Fakhiri. [Foto Dok Redaksi]
banner 468x60

WAMENA, INFOPAPUA.ID – Kapolda Papua Irjen Mathius D Fakhiri menyampaikan duka mendalam atas meninggalnya masyarakat akibat kerusuhan di Wamena, Kabupaten Jayawijaya yang terjadi pada Kamis (23/2/2023).

Fakhiri berharap kerusuhan Wamena dapat menjadi pelajaran bagi semua pihak, khususnya di daerah Pegunungan dan daerah Papua lainnya, sehingga tidak terulang kembali di kemudian hari.

banner 325x300

“Kami juga berharap ini menjadi pelajaran bagi kita semua khususnya di daerah pegunungan dan juga di daerah Papua lainnya dan Kita tidak perlu berulang kali mempercayai berbagai isu-isu yang tidak berdasar atau segala macam berita hoaks,” ucap Fakhiri saat door stop di Wamena, Senin (27/2).

Ia juga mengungkapkan akan melakukan evaluasi secara menyeluruh terhadap pelaksanaan tugas yang telah dilakukan oleh Polres Jayawijaya. Bahkan Fakhiri telah meminta secara rinci fakta dan data di lapangan.

“Saya minta secara rinci fakta dan data di lapangan sehingga ini akan menjadi evaluasi secara menyeluruh, bagaimana pelaksanaan tugas pengamanan yang harus dilakukan ke depan dalam menangani massa,” tuturnya.

Fakhiri mengimbau masyarakat agar jangan memanfaatkan isu kemarin untuk melakukan kejahatan yang lain untuk melakukan tindakan kriminal seperti menghilangkan nyawa manusia, memperkosa, merampok atau mengintimidasi masyarakat lain.

Sebelumnya, kerusuhan pecah di Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua Pegunungan pada Kamis (23/2/2023). Kerusuhan dipicu adanya isu penculikan anak hingga memancing amarah masyarakat di Wamena.

Tercatat 12 orang meninggal dalam kerusuhan tersebut. Dua korban meninggal merupakan masyarakat Batak akibat terkena panah. Kerusuhan juga menimbulkan puluhan korban luka, serta 13 ruko dan 2 rumah terbakar. (Redaksi)

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *