HUKRIM  

Pemuda Adat Dukung Keberlangsungan Proses Hukum Terhadap Pelaku Kerusuhan

banner 468x60

JAYAPURA Infopapuaid,- Victor Yeimo yang disebut aktor belakang layar kerusuhan 2019 yang sebelumnya masuk Daftar Pencarian Orang (DPO) Polda Papua. Dia ditangkap pada awal Mei lalu di Tanah Hitam, Kota Jayapura oleh Satgas Nemangkawi dan Ditreskrimum Polda Papua. Proses hukum terhadap Victor Yeimo kini sedang berjalan dan sudah sampai pada proses tahap I.

Terkait penegakan hukum yang ada, semua pihak diajak untuk memberikan dukungan kepada penegak hukum agar terus melakukan proses hukum kepada siapa saja yang menjadi pelaku atau aktor kerusuhan di Papua pada 2019 lalu, salah satunya oleh Victor Yeimo.

banner 325x300

Hal ini ditegaskan Ketua Umum Pemuda Adat Papua Yan Christian Arebo di Jayapura, kamis (24/6/2021).

“Sebelumnya Victor Yeimo sempat menjadi Daftar Pencarian Orang (DPO) yang dikeluarkan oleh Polda Papua yang kemudian pada akhirnya ditangkap pada tanggal 9 Mei Juni 2021 di daerah Tanah Hitam oleh pihak kepolisian, saat ini proses hukum sudah berjalan. Untuk itu kami mendukung pihak kepolisian dalam hal ini Polda Papua untuk melakukan keberlangsungan proses hukum yang sudah ditangani terhadap Victor Yeimo,” ungkap Arebo.

Dia pun meminta agar tak ada lagi kelompok yang menghambat proses hukum yang dijalani oleh Victor Yeimo.

“Saya Yan Christian Arebo mengajak mari kita jaga sitkamtibmas di Papua selalu aman dan damai,” ucapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Arebo pun mengatakan bahwa pihaknya mengimbau agar semua pihak di tanah Papua untuk selalu menjaga persatuan dan kesatuan sebagai sesama anak bangsa.

Tak hanya itu, dia juga mengajak agar masyarakat di tanah Papua dapat mengikuti dan mendukung program-program pemerintah di Papua.

Yan berpesan agar permasalahan tersebut tak dijadikan isu yang terus bergulir dan akhirnya mengganggu situasi keamanan di Papua. Sebaiknya berbagai permasalahan yang ada diserahkan kepada pihak yang berwenang dalam masala tersebut.

Ia pun mengajak agar warga di Papua khususnya di Kota Jayapura untuk mendukung pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua yang segera dilaksanakan. (Redaksi)

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *