Lantik Empat Kepala Daerah, Pesan Gubernur Jadilah Lilin Bagi Masyarakat

Gubernur Papua Lukas Enembe , saat melantik empat Bupati dan Wakil Bupati Terpilih, hasil Pilkada Serentak tahun 2020 di Aula Gedung Negara, Dok V Atas, Kota Jayapura, Rabu (03/03/2021)/Foto-Dian Mustikawati.
banner 468x60

JAYAPURA IP ,- Gubernur Papua Lukas Enembe, melantik empat Bupati dan Wakil Bupati Terpilih, hasil Pilkada Serentak tahun 2020 di Aula Gedung Negara, Dok V Atas, Kota Jayapura, Rabu (03/03/2021).

Adapun kepala daerah yang dilantik yakni,  bupati dan wakil bupati Merauke Romanus Mbaraka-H.Riduwan, bupati dan wakil bupati Keerom Piter Gusbager-Wafhir Kosasi, bupati dan wakil bupati Asmat Elisa Kambu-Thomas Eppe Safanpo serta bupati dan wakil bupati Pegunungan Bintang Spey Yan Birdana- Piter Kalakmabin.

banner 325x300

Gubernur Papua Lukas Enembe dalam sambutannya yang dibacakan Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal berharap para bupati dan wakil bupati, yang sudah dilantik pulang membantu membangun daerahnya dengan luar biasa.

Klemen mengatakan, bupati dan wakil bupati adalah pemimpin tunggal di daerahnya. Gubernur dan wakil gubernur itu wakil pemerintah pusat. Tapi untuk konteks Papua ada tambahan satu tugas lagi dari Undang Undang  Nomor 21 tahun 2001 atau UU Otsus.

“Kami mewakili pemerintah pusat dan Otsus. Tapi bupati dan wakil bupati itu adalah penguasa tunggal di daerah masing masing. Bupati Merauke, Asmat, Keerom, Pegunungan Bintang bapak bapak menjadi lilin di tempat-tempat itu. Harus  menjadi lilin yang bersinar yang bisa menerangi sampai ke sudut sudut daerah,” ujar Klemen.

Karena itu, terangnya, pemerintah provinsi Papua meminta segera membuat Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), yang berisi penjabaran dari visi, misi dan program kepala daerah.

“Supaya dengan demikian, itu bisa kita serakan ke  provinsi dan  kita tetapkan di Bappenas sebagai suatu panduan yang jelas mau dibawa  kemana kabupaten yang saudara pimpin,” imbuhnya.

Sementara itu, pelantikan 7 bupati dan wakil bupati lainnya masih menunggu proses SK di Kemendagri dan putusan sidang di Mahkamah Konsitusi (MK), yakni Waropen, Supiori, Yalimo, Boven Digoel, Mamberamo Raya, Nabire, dan Yahukimo.

Diketahui ada 11 kabupaten di Papua, yang melaksanakan Pilkada Serentak 2020 yaitu Waropen, Supiori, Merauke, Yalimo, Boven Digoel, Asmat, Mamberamo Raya, Nabire, Keerom, Pegunungan Bintang dan Yahukimo.  (redaksi)

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *