HUKRIM  

Kenalkan Arko, Anjing Pelacak Narkoba Hingga Bom Milik Polda Papua

Arko,saat melakukan latihan
banner 468x60

JAYAPURA IP,-Dalam melaksanakan tugasnya sebagai pelayan masyrakat, Polisi tidak hanya mengandalkan kemampuan anggotanya, namun juga di bantu oleh sejumlah anjing pelacak yang dikenal dengan Unit Satwa (K-9), anjing yang mampu melacak narkoba hingga bom.

Untuk meningkatkan kemampuanya, Direktorat Samapta Polda Papua, melaksanakan latihan rutin mengasah keterampilan atau kemampuan Satwa Unit Satwa (K-9)

banner 325x300

Seekor Satwa anjing yang di terjunkan untuk latihan kali ini bernama Arko, sebelum melakukan latihan terlebih dahulu dibersihkan kandangnya, Anjing unit K9 yang dimiliki Direktorat Samapta memiliki spesifikasi kemampuan sebagai pelacak Narkotika, Bahan Peledak dan Pelacak SAR.

Pelatihan rutin ini bertujuan supaya Satwa anjing Unit Satwa (K-9) Direktorat Samapta Polda Papua lebih mahir dan siap siaga jika dibutuhkan sewaktu-waktu, selain itu untuk melatih kemampuan indra penciuaman dan pelacakan supaya tetap terjaga baik dalam membantu tugas Kepolisian.


Kanit Satwa K-9 AKP Musa Rumbiak dalam kesempatannya mengatakan beberapa hal yang harus diperhatikan diantaranya memandikan anjing tiga kali dalam seminggu, menjaga kesehatan dengan rutin dilakukan pemeriksaan ke Dokter Hewan, menjaga kebersihan kandang serta memotong bulu dan kuku.

“Unit Satwa K-9 mempunyai cara jitu untuk memulihkan stamina pasukan satwanya yaitu dengan rutin memberikan vitamin dan latihan fisik setiap harinya,” terangnya.

Pihaknya terus meningkatkan kemampuan Anjing pelacak tersebut, dimana setiap hari berlatih bersama yang mana dapat diperbantukan jika sewaktu-waktu di butuhkan dalam pengamanan tugas teknis Kepolisian dan Operasi kepolisian lainnya.

AKP Musa Rumbiak menambahkan keberadaan Unit Satwa K-9 sangat membantu tugas Polri karena dari kepintaran dan ketangkasannya anjing tersebut kerap digunakan untuk mengungkap kasus maupun pelacakan benda berbahaya atau zat adiktif yang terkadang disembunyikan oleh para pelaku kriminalitas,.


“Dengan adanya pelatihan ini, tak hanya kemampuan sang anjing yang meningkat tetapi pawangnya juga akan semakin mahir dan selalu siap saat dibutuhkan,” ungkapnya

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *