RAGAM  

Penjabat Ketua TP PKK Imbau Orang Tua Siapkan Gizi Terbaik Untuk Generasi Emas Papua Barat

banner 468x60

MANOKWARI iNFOPAPUA.ID,- Kegiatan beragam, bergizi, seimbang dan aman (B2SA) Goes To Scool yang dilakukan oleh Tim Pengerak PKK bersama Dinas Ketahanan Pangan Papua Barat berlanjut ke SD Negeri 32 Sanggeng Kabupaten Manokwari, Kamis 10 Agustus 2023.

Kegiatan B2SA Goes To Scool dipimpin langsung oleh Pj Ketua TP PKK Papua Barat, Roma Megawanty. P. S.Komp. Msi, bersama sejumlah pimpinan OPD dilingkup Pemprov dan Kabupaten Manokwari serta instansi terkait.

banner 325x300

Dinas ketahanan pangan selaku inisiator dan panitia serta TP PKK Propinsi, menyediakan makanan B2SA, alat promosi, edukasi dan sosialisasi B2SA.

Pj Ketua TP PPK Roma Megawanty. P. S.Komp. Msi, Pada kesempatan yg sama menyerahkan bantuan secara pribadi berupa uang tunai serta satu unit speaker untuk membantu kebutuhan sekolah.

Pj Ketua TP PKK Papua Barat, Roma Megawanty. P. S.Komp. Msi dalam sambutanya mengatakan, pangan merupakan bagian dari hak asasi individu dan sebagai komponen dasar untuk membentuk sumber daya manusia yang berkualitas. lalu pangan apa yang dibutuhkan untuk membentuk sumber daya yang berkualitas ?. Tentunya diperlukan pangan yang beragam, bergizi, seimbang dan aman (b2sa) dengan komposisi ideal.

sebagaimana undang-undang no. 18 tahun 2012 tentang pangan mengamanatkan pemerintah dan pemerintah daerah wajib mewujudkan diversifikasi konsumsi pangan untuk memenuhi kebutuhan pangan dan gizi masyarakat. pemenuhan pangan sangat penting sebagai komponen dasar untuk mewujudkan sdm yang berkualitas yang ditunjukkan dengan keragaman jenis pangan dan keseimbangan gizi dalam pola konsumsi pangan sehari-hari.

“Untuk mewujudkan lahirnya generasi emas setidaknya didukung dari sektor pendidikan dan sektor kesehatan. salah satu kekuatan utama dalam sektor kesehatan adalah status gizi. dimana zat gizi sangat dibutuhkan tubuh untuk keberlangsungan hidup manusia,” ujarnya.

Dikatakan terjadinya status gizi seperti stunting pada anak-anak bukan semata-mata disebabkan keterbatasan ekonomi, namun juga pola asuh yang kurang baik sehingga anak terbiasa mengonsumsi makanan yang tidak sehat dan gizi yang tidak seimbang. salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas konsumsi pangan yaitu melalui promosi, edukasi dan sosialisasi kepada anak-anak dan masyarakat.

“ Edukasi dan promosi B2SA, salah satunya melalui kegiatan B2SA goes to school. kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan pemahaman anak-anak sekolah tingkat dasar tentang pentingnya makan B2SA sejak dini, serta meningkatkan pemahaman masyarakat khususnya guru-guru di sekolah dasar tentang pola konsumsi pangan B2SA melalui makan enak, makan sehat, makan B2SA,” ungkapnya

Menurutnya dengan memperhatikan kualitas pola konsumsi pangan, dapat menanggulangi permasalahan stunting, sehingga anak-anak dapat hidup sehat, aktif dan produktif. karena dipundak merekalah masa depan bangsa ini di pertaruhkan.

“Kita diperhadapkan fakta bahwa, makanan cepat saji menjadi gaya hidup masyarakat. para orang tua karena kesibukan tertentu, sering menyediakan makanan cepat saji kepada anak-anak, dan akhirnya mereka menjadi ketergantungan. ini menjadi tantangan kita bersama. makanan cepat saji bisa kita dapat dengan mudah, murah, cepat dan tampilan yang menarik, tapi belum tentu memenuhi gizi yang dibutuhkan,” kata Ketua TP PKK.

“Untuk itu, ditempat ini saya mengajak para dewan guru juga turut mengarahkan para orang tua dan anak-anak murid, perlunya gizi yang cukup untuk generasi emas kita,” harapnya.

Pelaksanaan B2SA goes to school merupakan program kerja unggulan tim penggerak PKK baik dari pusat sampai daerah, yang pengelolaannya ada di pokja tiga di setiap jejang kepengurusan PKK.

“Terimakasih kepada panitia penyelenggara yang mengkoordinir B2SA goes to school. mari kita bersama, menyatukan kekuatan dan bahu membahu menyiapkan geberasi emas di kabupaten manokwari pada khususnya dan papua barat pada umumnya,” tukasnya

Sementara itu Kepala Sekolah SD Negeri 32 Sanggeng, Marina Pandiangan memberikan apresiasi kepada Ketua TP PKK Papua Barat Roma Megawanty. P. S.Komp. Msi atas kunjungannya dalam rangka kegiatan diatas, Karena hal ini merupakan pertama kalinya sekolah dikunjungi oleh Ibu Pj Ketua PKK Propinsi.

“Selama saya jadi bertugas baru pertama kali sekolah kami ini dikunjungi oleh pejabat apalagi ini Ketua PKK Provinsi, ini sautu kebanggan bagi kami, kami harap Ibu dapat menyampaikan ke Pak Gubernur untuk memperhatikan sekolah kami,” ujarnya. (redaksi)

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *