KKB Serang Aparat Keamanan di Bandara Bilorai Intan Jaya

Aparat keamanan bersiaga atas serangan KKB di kawasan Bandara Bilorai, Intan Jaya, Selasa (7/3/2023). [Foto: Humas Polda Papua]
banner 468x60

SUGAPA, INFOPAPUA.ID – Kelompok Kriminal Bersenjata kembali berulah di Tanah Papua. Kali ini menyerang aparat keamanan di sekitaran Sungai Bawah Bandara Bilorai, Kampung Bilogai, Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Selasa (7/3/2023).

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Papua Kombes Pol. Ignatius Benny Ady Prabowo dalam keterangan tertulis Rabu (8/3) membenarkan serangan KKB di Intan Jaya. Penembakan terjadi  sekitar pukul 07.55 WIT.

banner 325x300

Benny menjelaskan, penembakan berawal pesawat Smart Aviation PK-SNG bermuatan Cargo tiba di Bandara Billorai, Kabupaten Intan Jaya dari Kabupaten Mimika. Porter yang sementara membongkar barang cargo mendengar bunyi tembakan sebanyak 5 kali.

“Saat itu masyarakat sekitar dengan cepat berlindung ke Pos Pol Bandara untuk berlindung. Kemudian sekitar pukul 08.20 WIT juga terdapat Pesawat Daby Air ingin landing di Bandara Billorai, namun diarahkan kembali ke Nabire karena gangguan tersebut,” jelasnya.

KKB juga melakukan penembakan terhadap aparat gabungan yang telah bergeser ke Pos Pasopati J2 hingga dibalas tembakan untuk perlindungan. “Gangguan tembakan sebanyak 3 kali, sempat kontak tembak,” katanya.

Kapolres Intan Jaya AKBP Afrizal Asri menduga penembakan adalah ulah Kelompok Kriminal Bersenjata Kodap VIII Intan Jaya pimpinan Apen Kobogau yang bersama dengan Apertinus Kobogau.

“Kami juga menduga kelompok tersebut ingin mengganggu aktivitas Bandara, namun hal ini akan kami telusuri lebih lanjut,” ucapnya.

Afrizal menambahkan, pihaknya telah melakukan koordinasi bersama Penanggung Jawab Bandara Billorai untuk menghentikan aktivitas penerbangan di bandara jika situasi belum membaik. (Redaksi)

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *