RAGAM  

Komponen Masyarakat Papua Nyatakan Sikap Menolak Organisasi Papua Merdeka.

banner 468x60

JAYAPURA Infopapua.id, – Organisasi Papua Merdeka (OPM) yang selama ini hadir sebagai Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua belakangan ini semakin meresahkan masyarakat di Papua dengan banyaknya aksi teror yang mereka lakukan hingga menghilangkan nyawa orang lain bahkan nyawa putra daerah Papua sendiri pun tidak segan – segan mereka hilangkan.

Menyikapi semakin maraknya aksi kekerasan oleh kelompok yang menamakan diri mereka Organisasi Papua Merdeka maka Komponen Masyarakat Papua yang terdiri dari beberapa Organisasi Masyarakat dan kepemudaan serta tokoh masyarakat menggelar deklarasi yang diiringi pernyataan sikap menolak kehadiran OPM di atas tanah Papua.

banner 325x300

Ali Kabiay selaku Ketua II Pemuda Adat Saireri beserta, Sdr. Max Ohee, Sdr. Ketua GERCIN, Rudi Samori selaku Ketua LPBMPB dan beberapa tokoh agama serta masyarakat Papua menggelar diskusi dan pembacaan sikap dalam menolak kehadiran OPM di tanah Papua yang mengatasnamakan perjuangan membela orang Papua.

Ali Kabiay dalam kegiatan tersebut mengatakan bahwa perjuangan OPM sekarang adalah perjuangan yang tidak murni membela orang Papua dan sudah sangat kuno, dimana Negara – negara lain sedang bersaing dalam perang Ekonomi, OPM masih sibuk melakukan kekerasan dan teror bahkan kepada orang Papua sendiri.

“Saya rasa perjuangan OPM atau KKB saat ini sudah sangat kuno karena saat ini orang – orang lagi sibuk berperang dalam dunia ekonomi, saya punya banyak teman anak – anak asli Papua yang saat ini sedang hidup di luar Negeri, mereka disana sudah tidak mau sibuk lagi untuk turut serta dalam kegiatan mendukung kemerdekaan Papua karena mereka merasa telah merdeka sebagai pribadi mereka masing – masing dan sedang menikmati hidup mereka serta mencoba bersaing dalam perang ekonomi,”.

Pada kesempatan ini juga, komponen masyarakat Papua mengeluarkan 4 Point pernyataan sikap menolak OPM di tanah Papua yang isinya adalah :

PERNYATAAN SIKAP MASYARAKAT PAPUA MENENTANG OPM DI TANAH PAPUA

Dengan melihat berbagai dinamika dan dampak yang di timbul oleh gerakan separatis Organisasi Papua Merdeka ( OPM ) di tanah Papua, maka kami masyarakat asli Papua dari berbagai komponen masyarakat yaitu komponen adat dan pemuda dengan ini menyatakan :

  1. Menolak segala bentuk gerakan – gerakan separatis di tanah papua, melalui gerakan bersenjata yang telah banyak memakan korban dan meminta aparat keamanan baik itu TNI maupun Polri untuk mengejar dan melakukan penindakan hukum kepada para pelaku gerakan separatis kriminal bersenjata di Papua.
  2. Mengutuk keras segala aksi kekerasan yang dilakukan oleh kelompok kriminal bersenjata di Papua yang mana terlihat sangat kuno karena peperangan di era modern ini bukanlah peperangan secara fisik melainkan peperangan secara ekonomi dimana setiap daerah berjuang dan berperang untuk meningkatkan perekonomiannya masing – masing, oleh karena itu kami mengutuk keras segala aksi kekerasan oleh KKB di Papua.
  3. Mendukung sepenuhnya implementasi Undang – undang otsus Nomor 2 Tahun 2022 dan akselerasi percepatan pembangunan di tanah.
  4. Mendukung sepenuhnya percepatan pemekaran Daerah Otonomi Baru di Tanah Papua untuk kesejahteraan serta pelayanan yang lebih baik untuk kepentingan masyarakat Papua.

Demikian Pernyataan sikap ini kami buat dan kami harapkan dapat di dengar oleh Pemerintah baik di pusat maupun daerah.

Terimakasih.

Port Numbay
Komponen Masyarakat Papua

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *