banner 728x250 banner 728x250 banner 728x250

Menkes Apresiasi Kinerja Pemprov Papua Tangani Covid-19

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo bersama Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy serta anggota Komisi VIII dan IX DPR RI saat melakukan rapat koordinasi dengan Pemerintah Provinsi Papua/Foto-istimewa.
banner 120x600
banner 468x60

JAYAPURA IP,- Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, memberikan apresiasi kepada Pemerintah Provinsi Papua,  dalam penanganan covid-19 , dimana hingga kini Terdapat 12 kabupaten di Papua yang belum terdapat kasus Covid-19, serta mampu menekan angka kematian.

Hal ini diungkapkan Menteri  Terawandalam kegiatan kunjungan Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo bersama Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto,  Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan,  Muhadjir Effendy serta anggota Komisi VIII dan IX DPR RI. 

banner 325x300

“Papua termasuk salah satu daerah di Indonesia dengan angka kematian akibat Covid-19 sangat rendah yakni 1 persen. Upaya ini patut diapresiasi di tengah kondisi Papua dengan fasilitas kesehatan yang terbatas, ” tutur Terawan saat berkunjung ke Jayaupura, Selasa (7/7). 

Terawan mengatakan Kementerian Kesehatan akan membantu penyediaan fasilitas kesehatan yang dibutuhkan sejumlah daerah di Papua dengan kasus positif Covid yang tinggi seperti Kota Jayapura.

Diketahui dalam kunjungan ke Papua,  Kementerian Kesehatan membawa 3.072 reagen,  3.000 unit alat untuk menyimpan sampel usap dan 1.000 alat tes cepat. 

“Kami akan berkoordinasi dengan daerah yang membutuhkan bantuan alat tes cepat dan pemeriksaan sampel usap. Kami akan mengirimkan bantuan dalam waktu secepatnya, ” terangnya

Sementara itu Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo meluncurkan program RT dan RW Tangguh di Papua Jayapura,  Papua,  Selasa  (7/7/2020).  Program ini melatih warga untuk upaya mitigasi penyebaran virus korona jenis baru atau Covid-19 di pemukimannya.

Doni di sela kegiatan tersebut mengatakan,  terdapat tiga daerah di Papua yang tertinggi kasus Covid-19 yakni Kota Jayapura,  Kabupaten Jayapura dan Kabupaten Mimika. Terdapat 12 kabupaten di Papua yang belum terdapat kasus Covid-19 hingga saat ini.

Ia berharap dengan hadirnya program RT dan RW Tangguh dapat menumbuhkan inisiatif warga Papua untuk melaksanakan protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19.

“Kami sangat bangga banyak kabupaten yang belum ditemukan kasus Covid-19.  Kami harap kondisi ini terus bertahan selamanya.  Kunci utama untuk mengendalikan virus ini adalah disiplin melaksanakan protokol kesehatan yang baik, ” kata Doni.

Sementara itu,  Terawan mengatakan,  Kementerian Kesehatan mengapresiasi kinerja Pemprov Papua yang berhasil menekan angka kematian akibat Covid-19. 

Ketua Harian Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Papua,  Welliam Manderi mengatakan,  program RT dan RW Tangguh diterapkan terlebih dahulu di empat kecamatan atau distrik di Kota Jayapura.

“Program ini merupakan replikasi dari Program Kampung Tangguh Bencana di Papua. Kami melatih warga agar secara mandiri mencegah penyebaran virus korona di setiap komplek pemukiman setiap hari, ” papar Welliam. (Redaksi)

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.